Instagram Luncurkan Fitur Caption Warning Untuk Cegah Bullying

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tindakan perundungan atau bullying masih marak terjadi terutama di media sosial. Banyak orang menuliskan komentar negative pada kolom komentar postingan orang lain. Hal ini juga sering terjadi di media sosial Instagram (IG).

Sudah ada banyak hal yang dilakukan oleh Instagram untuk mencegah hal itu terjadi, seperti upaya mematikan kolom komentar dan memfilter komentar cacian di aplikasinya. Pertengahan tahun 2019, Instagram merilis sebuah stiker yang mengkampanyekan tindakan anti-bullying.

Kini Instagram kembali meluncurkan fitur baru pada aplikasinya untuk membersihkan tindakan bullying, yaitu fitur pencegah bullying yang diberi nama Caption Warning. Fitur ini menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi yang berpotensi diangap ofensif.

Fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengguna ketika menuliskan kata-kata yang buruk (bad words) yang menyerang orang lain di caption postingan yang akan diunggah.

"Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk memimpin perjuangan melawan online bullying (penindasan online), kami telah mengembangkan dan menguji AI (artificial intelligence) yang dapat mengenali berbagai bentuk penindasan di Instagram," jelas pihak Instagram seperti yang dilansir dari brilio.net.

Namun, untuk saat ini hanya kalimat-kalimat buruk atau bad words dalam bahasa inggris yang dapat terdeteksi, sehingga belum berlaku untuk kalimat umpatan bahasa Indonesia.  Adapun kalimat yang dapat dideteksi, seperti contoh: “you’re asshe” atau “fk you” di kolom caption, maka Pengguna tersebut nantinya akan mendapat notifikasi caption mereka mirip dengan yang dilaporkan karena bullying.

Dalam jendela notifikasi ini, pengguna akan diberikan tiga pilihan yaitu Edit Caption (Untuk mengubah caption foto), Learn More (mengetahui alasan mengapa caption itu terkena restrict) dan Share Anyway (untuk mengabaikan pop-up dan kembali untuk menupload caption bad words tersebut).

Fitur ini sudah dirilis sejak Senin (16/12), dan baru dirilis di beberapa negara tertentu saja. namun fitur ini akan segera dirilis secara menyeluruh di semua negara.

Selain fitur caption-warning, Instagram juga telah kedatangan fitur Restrict yaitu fitur yang mencegah pengguna jahil Instagram untuk menuliskan kalimat bad words pada kolom komentar.

Leave a Comment