×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Gerhana Bulan Penumbra, Gerhana Pertama Tahun ini

Gerhana Bulan Gerhana Bulan ( Foto: Twitter/infoBMKG )

Muslimahdaily -  Setelah akhir tahun lalu terjadi fenomena Gerhana Matahari Cincin, kini fenomena alam gerhana kembali terjadi, bukan gerhana matahari melainkan gerhana Bulan Penumbra. Fenomena langit istimewa ini terjadi pada Sabtu dini hari tadi (11/1), dan dapat disaksikan di wilayah Indonesia.

 

 

Melalui akun Twitternya, BMKG memberikan informasi mengenai fenomena alam ini. Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena saat cahaya matahari terhalang oleh bumi. Fenomena ini terjadi diakibatkan dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan. Penumbra merupakan bayangan kabur ketika terjadi gerhana.

"Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya," tulis BMKG dalam keterangan unggahannya, Rabu (8/1).

Fenomena gerhana bulan penumbra ini dapat diamati di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil ausralia bagian Barat, dan Samudera Hindia. BMKG menjelaskan bahwa fenomena ini dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020 dini hari tadi. Fenomena gerhana mulai sejak pukul 00.57 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 02.10 WIB dan berakhir pada pukul 04.14 WIB, durasi proses mulai hingga berakhirnya gerhana sekitar 4 jam 8 menit.

Gerhana bulan penumbra yang terjadi hari ini merupakan anggota ke -16 dari anggota pada sesi Saros 144. Sementara gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 30 Desember 2001. Adapun gerhana bulan yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra yang diprediksi akan terjadi pada 21 Januari 2038.

Berikut beberapa foto gerhana bulan penumbra yang sempat diabadikan oleh warganet:

 

 

 

Gerhana bulan yang terjadi pada 11 Januari 2020 merupakan  fenomena gerhana pertama yang terjadi di tahun 2020. BMKG memprediksi setidaknya ada 6 fenomena gerhana yang akan terjadi di tahun ini yaitu 2 fenomena gerhana Matahari dan 4 fenomena gerhana Bulan. Dengan rincian sebagai berikut:

1. Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020, yang dapat diamati di wilayah Indonesia.

2. Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020, dapat diamai dari wilayah Indonesia.

3. Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020, dapat diamati dari Indonesia kecuali sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian selatan, berupa gerhana Matahari sebagian.

4. Gerhana Bulan penumbra 5 Juli 2020 , tidak dapat diamati dari Indonesia.

5. Gerhana Bulan penumbra 20 November 2020, yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.

6. Gerhana Matahari total 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Last modified on Sabtu, 11 Januari 2020 15:30

Leave a Comment