×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Joserizal Jurnalis, Pendiri MER-C Meninggal Dunia

dr. Joserizal Jurnalis dr. Joserizal Jurnalis ( Foto: Kompas )

Muslimahdaily - dr. Joserizal Jurnalis, SpOT pendiri MER-C (Medical Emergency Rescue Comitee) meninggal dunia dini hari (20/1) pukul 00.38 di RS. Harapan Kita Jakarta.

Dilansir dari Liputan 6, Novel Bakmumin juru bicara PA 212 mengatakan bahwa Joserizal telah dirawat di rumah sakit sejak 30 Desember 2019. Jenazahnya akan dimakamkan hari ini di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Joserizal merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Lahir di Padang pada tahun 1963, dr. Joserizal Jurnalis meninggal pada saat usia 56 tahun. Ia merupakan seorang dokter yang memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi.

Menyelaraskan antara latar belakang studi dan sifat kemanusiaannya yang tinggi, ia akhirnya mendirikan organisasi kemanusiaan MER-C untuk membantu pertolongan medis dalam wilayah-wilayah konflik dan peperangan di dalam dan luar negeri.

MER-C merupakan organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela, dan mobilitas tinggi. Bergerak berasaskan Islam dan berpegang pada prinsip rahmatan lil'aalamiin. Dengan prinsip rahmatan lil'alamin, MER-C memberi rahmat dalam hal ini pertolongan kepada semua makhluk tanpa melihat latar belakang apapun melainkan atas dasar urgensi.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengambil spesialis bedah orthopedi dan traumatologi. Misi kemanusiaannya yang pertama adalah menjadi relawan medis untuk korban konflik di Tual, Maluku Tenggara. Ia terjun ke sana karena rasa keprihatinannya terhadap tenaga medis yang terjun ke daerah konflik bersikap tidak netral.

Banyak jasa yang sudah diberikan Joserizal beserta teamnya. Kebaikan beliau akan selalu terkenang dalam hati masyarakat yang pernah merasakan pertolongannya dan menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus menolong sesama.

"Jangan takut kehilagan uang, jangan takut kehilangan rezeki dalam perjuangan. InsyaAllah diganti oleh Allah. Tidak sempit hidup ini. Yakinlah itu akan diganti oleh Allah" adalah prinsip Joserizal.

Leave a Comment