Banjir Bandang Bondowoso, 200 Rumah Terkena Dampak Lumpur

Banjir Lumpur Menutupi Jalan Banjir Lumpur Menutupi Jalan twitter.com/BukanLvl2

Muslimahdaily - Banjir bandang telah terjadi pada Rabu (29/1) siang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Dilansir dari Tribun, Kamis (30/1), Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan banjir bandang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 cm," ujar Agus Wibowo sebagaimana dikutip dari laman resmi BNPB.

Menurut Agus, banjir bandang ini disebabkan oleh hujan dengan itensitas tinggi di wilayah Pegunungan Ijen.

Dalam akun Twitter-nya Agus juga menuliskan bahwa banjir membawa banyak lumpur dan potongan kayu bekas karhutla tahun lalu.

Ia melaporkan bahwa dari kejadian ini terdapat 2 orang terluka, 1 orang lansia dirawat di Puskesmas dan ada 200 Kepala Keluarga yang rumahnya terkena dampak banjir.

Saat ini, pihak pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mengevakuasi warga, karena khawatir terjadi banjir susulan, akibat hujan yang masih terjadi di Kawasan Lereng Ijen. Pemkab Bondowoso juga memberlakukan masa tanggap darurat selama 14 hari, seperti dilansir dari Kompas, Kamis (30/1).

Berita ini juga ramai mendapat perhatian netizen di Twitter. Salah satu akun @BukanLvl2 membagikan video yang melihatkan bagaimana lumpur mulai menutupi jalan-jalan di Desa Sempol dan merendam beberapa rumah di sana.

Sejak dibagikan Rabu (29/1) kemarin, cuitan ini telah dibagikan oleh 3.052 warga Twitter dan mendapat banyak komentar, "Astaghfirullah, semoga saudara-saudara disana selalu dalam lindungan Allah."

Last modified on Kamis, 30 Januari 2020 12:00

Leave a Comment