Film Dokumenter Dokter di Suriah, ‘The Cave’ Berhasil Masuk Nominasi Oscar

dr. Amani Ballour dan sutradara Feras Fayyad beserta kru film dr. Amani Ballour dan sutradara Feras Fayyad beserta kru film ( Foto: AJ+ )

Muslimahdaily - Musim penghargaan film dan TV, 92nd Academy Awards atau Oscar di Hollywood dilaksanakan pagi ini waktu Indonesia dan Minggu (9/2) malam di Amerika Serikat.

Salah satu kategori penghargaan yang diumumkan pada ajang tersebut adalah Film Dokumenter terbaik. ‘The Cave’ berhasil masuk menjadi salah satu nominasi pada kategori tersebut. Selain itu masuk juga dalam kategori yang sama, film ‘For Sama’ oleh Waad al-Kateab dari Suriah.

Film garapan sutradara asal Suriah, Feras Fayyad ini menceritakan tentang sosok seorang dokter wanita, Amani Ballour. Ia merupakan dokter anak yang mejadi saksi kematian dan kehancuran banyak orang setiap harinya ketika menangani para korban serangan udara dan serangan kimia disana.

The Cave hadir untuk menggambarkan tentang keadaan sebenarnya yang terjadi di daerah konflik, apa yang mereka perjuangkan dan bermaksud untuk membuka mata dunia.

"Kami tahu Suriah adalah negara kecil, dan memiliki dua film di Oscar, saya pikir itu akan membantu orang-orang mempercayai kebenaran. Ini sangat penting, karena terlalu banyak orang di dunia yang tidak tahu apa yang terjadi di Suriah. Saya berharap dua film akan membuat tekanan untuk menghentikan pemboman rumah sakit,” ujar Ballour dilansir dari LA Times, Senin (10/2).

Sempat ditolak masuk Amerika

Tidak mudah bagi Ballour dan Fayyad untuk bisa datang dalam ajang perfilman ini. Pada LA Times mereka menceritakan tentang bagaimana perjuangannya untuk bisa masuk ke Negara Amerika. Mereka sempat terkendala masalah visa dan juga karena mereka adalah orang Suriah.

Namun kendala ini akhirnya bisa diselesaikan, karena mereka memiliki undangan khusus untuk datang ke acara Oscar 2020.

The Cave bersanding dengan beberapa film dokumenter lainnya seperti American Factory, The Edge Of Democracy, For Sama dan Honeyland.

Pada akhirnya The Cave dikalahkan oleh American Factory dalam kategori film dokumenter di ajang Oscar ini. Namun, masuknya The Cave dan For Sama dalam nominasi telah berhasil membuka mata dunia tentang kesedihan dan kekejaman yang terjadi di negara Suriah.

Leave a Comment