Kyai Ahmad Habibullah Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Tutup Usia

Potrait KH Ahmad Habibullah Zaini Potrait KH Ahmad Habibullah Zaini (Foto : nu.or.id)

Muslimahdaily - Pondok Pesantren Lirboyo Kediri kehilangan sosok pengasuh yang dihormati, Kyai Haji Ahmad Habibullah Zaini pada Senin (10/2). K.H Ahmad Zaini menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Darmo, Surabaya, Jawa Timur.

Berita wafatnya Kyai Habibullah disampaikan langsung lewat akun Twitter Pesantren Lirboyo,

“Telah berpulang ke rahmatullah pengasuh pondok Pesantren Lirboyo Kediri K.H Ahmad Habibullah Zaini, di R.S Darmo Surabaya, semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah,” tulis akun Pesantren Lirboyo.

Kyai yang lahir pada Agustus 1954 ini dikenal sebagai sosok yang sederhana dan bijaksana. Dikisahkan dari keponakannya, Ning Hj Tutik Thaha Zaini, sosoknya yang bersahaja tercermin dari cara beliau makan. Sewaktu menjadi wali nikah Ning Tutik, beliau berinisiatif mengambilkan nasi ke piring kiai-kiai yang berusia lebih sepuh.

Sejak kecil Kyai Ahmad Habibullah Zaini belajar di Pesantren Lirboyo, kemudian ia melanjutkan nyantri di pesantren yang terletak di Desa Tanggir Kabupaten Tuban Jawa Timur, dibawah asuhan KH Muslich ‘Abdul Karim.

Usai nyantri di Tanggir, Kyai Ahmad Habibulloh Zaini kembali ke Pesantren Lirboyo untuk menikah dan mengasuh para santri.

Sosoknya yang bersahaja, tekun, dan telaten, membuat beliau dipercaya mendapatkan amanah untuk menjadi Kepala Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Pesantren Lirboyo.

Lirboyo merupakan salah satu pondok pesantren terbesar di Kediri. Ponpes yang terletak di Kecamatan Mojoreto ini telah berdiri sejak 1910.

Di dalam kegiatan belajar Almarhum selalu berpesan agar para santri serius dalam belajar selagi masih muda,

“Kalau sudah tua pasti nambah repot, karena tidak ada orang tua yang tidak repot,” ujarnya.

 

Leave a Comment