Remaja Asal Purworejo Ciptakan Robot Untuk Bantu Ibunya Berjualan

Agung Budi Wibowo dan mesin telurnya Agung Budi Wibowo dan mesin telurnya (foto:www.ayojogja.com)

Muslimahdaily - Agung Budi Wibowo seorang remaja asal Purwerorejo, Jawa Tengah, menarik perhatian publik baru-baru ini. Pasalnya, remaja berusia 18 tahun itu berhasil menciptakan robot untuk membantu ibunya berjualan.

Sang ibu, Praptining Utami, yang berprofesi sebagai penjual telur dadar mini memiliki gangguan penglihatan retinitis pigmatosa yang menyebabkan wanita berusia 55 tahun itu kesulitan dalam melihat.

"Ibu saya memiliki gangguan mata yang menyebabkan kesulitan melihat. Parahnya, saat membuat makanan itu dia harus mendekat ke loyang yang dekat dengan minyak panas. Saya khawatir jika nanti minyak mengenai muka dia. Akhirnya saya buat alat penuang telur otomatis," Ungkap Agung kepada SuaraJogja.id, Selasa (18/2).

Saat diwawancarai Deddy Corbuzier pada acara Hitam putih, anak bungsu dari dua bersaudara ini mengaku belajar merakit robot hanya dengan bermodalkan Google dan Youtube,

“Saya belajar sendiri dari google dan youtube,” Ujar Agung saat diundang ke acara Hitam Putih, Trans 7.

Praptining mengaku senang dan terbantu dengan alat yang diciptakan putranya itu bahkan usaha telur dadar mini yang ia geluti selama 1,5 tahun itu menjadi semakin laris.

Biasanya wanita yang berjualan telur dadar mini di sekolah-sekolah dekat rumahnya itu mengantongi omset Rp 40-50 ribu per hari, setelah dibuatkan robot oleh putranya, pendapatannya meningkat menjadi Rp 60-70 ribu per hari.

Agung mengaku ilmu yang dimilikinya tak ingin dipendam, ia berniat akan membuat robot tak hanya untuk ibunya, namun juga untuk orang-orang yang membutuhkan.

"intinya, ilmu yang saya miliki tidak ingin saya pendam, sehingga bisa berguna untuk orang lain, tak hanya untuk ibu saya, jika ada orang yang ingin membantu dibuatkan, saya berusaha untuk membuatkan alat itu," ujar Agung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Last modified on Rabu, 19 Februari 2020 16:52

Leave a Comment