Pabrik di Vietnam Produksi Masker Palsu dari Tisu Toilet

Pihak berwenang memeriksa pemubatan masker dari tisu toilet Pihak berwenang memeriksa pemubatan masker dari tisu toilet ( Foto: vnexpress )

Muslimahdaily - Merebaknya wabah virus corona COVID-19 membuat permintaan masker melonjak. Di tengah mewabahnya virus mematikan tersebut, ada sejumlah oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan memproduksi masker palsu.

Dilansir dari DetikHealth (19/2), otoritas pejabat di Hanoi, Vietnam, menemukan satu perusahaan yang memproduksi masker dari tisu toilet.

Disebutkan bahwa pabrik tersebut menggantikan lapisan antibakteri yang biasa dipakai di dalam masker dengan tisu toilet. Kemungkinan alasannya untuk mengurangi biaya produksi.

Hoang Dai Nghia, Kepala Tim 1 Badan Pengawas Pasar Hanoi, mengatakan perusahaan tersebut telah menipu banyak konsumen yang membutuhkan masker

“Perusahaan ini menipu konsumen di tengah wabah baru coronavirus,” ungkapnya.

Perusahaan yang telah memproduksi 140 ribu masker palsu itu sebenarnya bergerak di bidang percetakan dan serbet, berubah memproduksi masker akibat permintaan masker melonjak.

Menanggapi kasus tersebut, kepolisian Vietnam telah menyita 140 ribu masker palsu dan mengumumkan bahwa produsen produk imitasi dan berkualitas rendah akan menghadapi sanksi yang berat.

Sebelumnya, pejabat Vietnam telah menemukan lebih dari 4.200 pelanggaran terkait dengan produksi masker.

Leave a Comment