Jokowi Siapkan Dana 72 Miliar untuk Influencer

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ( Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono )

Muslimahdaily - Jokowi berencana mengucurkan dana sebesar Rp 72 miliar dalam rangka promosi wisata Indonesia. Dana tersebut nantinya akan dialokasikan untuk media dan influencer.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan rencana  tersebut setelah mengikuti rapat terbatas antisipasi penyebaran virus corona terhadap perekonomian Indonesia bersama Jokowi.

Dilansir dari Tempo, dana sebesar Rp 72 miliar tersebut merupakan bagian dari insentif untuk wisatawan mancanegara dengan total Rp 298,5 miliar. Sementara dana sisanya sebesar Rp 98,5 miliar untuk subsidi diskon tiket pesawat, Rp 103 miliar untuk promosi, dan Rp 25 miliar untuk kegiatan kepariwisataan.

Dalam rangka mengantisipasi virus corona terhadap perekonomian Indonesia, pemerintah berencana akan menjatahkan dana lebih hampir 10 triliun. Nantinya dana ini akan dialokasikan untuk kartu prakerja, subsidi tiket pesawat hingga menghilangkan pajak hotel dan restoran di sepuluh destinasi wisata.

Bagi wisatawan domestik, rencananya akan diberi diskon 30 persen di 10 tujuan wisata. Diskon tersebut untuk kuota 25 seat di setiap penerbangan yang berlaku selama bulan Februari hingga Mei 2020. Sepuluh destinasi tersebut adalah Danau Toba Sumut, Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan.

Leave a Comment