KUH Soal Umrah Batal Setahun: Belum Ada Info Resmi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Baru-baru ini muncul kabar Pemerintahan Arab Saudi yang memutuskan penghentian sementara kegiatan umroh selama 2020. Menurut kabar yang beredar, hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin meluas.

Menganggapi hal tersebut, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menegaskan bahwa hingga saat ini belum menerima informasi resmi dari Arab Saudi terkait hal tersebut. Ia juga mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan kabar tersebut tidak benar.

“KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama satu tahun di 2020 tidak benar,” ujarnya seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (5/3).

Berita ini juga dibenarkan oleh Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH Jeddah Amin Handoyo. Melalui penuturannya, ia mengaku sudah mengofirmasi ke call center kementrian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor resmi. Hasil yang didapatnya pun senada dengan Endang bahwa berita tersebut tidak benar.

“Pengumuman yang benar adalah bahwa penangguhan itu bersifat sementara sampai batas yang akan diumumkan kemudian. Untuk perkembangannya bisa dipantai melalui Twitter Kementrian Haji dan Umrah,” ungkapnya.

Bersamaan dengan kabar ini, Endang juga menjelaskan bahwa persiapan haji tahun ini terus berjalan.

“Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” tutur Endang.

Sebelumnya, Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi melarang sementara penduduknya dan pemukim di kerajaan untuk melaksankan ibadah umrah untuk mengantisipasi menyebarnya virus.

Hingga saat ini, Pemerintah Arab Saudi telah mengonfirmasi dua orang positif virus corona di Saudi. Salah satunya dilaporkan baru pulang dari Iran.

Leave a Comment