Ini 5 Pesan Anies Baswedan Untuk Antisipasi Corona Saat Shalat Jumat

Anies Baswedan Anies Baswedan (foto:instagram.com/aniesbaswedan)

Muslimahdaily - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan maklumat kepada umat Islam khususnya warga Jakarta siang ini jelang pelaksanaan shalat Jum'at berjamaah (13/3) di tengah merebaknya wabah virus corona (COVID-19).

Maklumat ini disampaikan langsung oleh Pak Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya.

Pada awal pembicaraannya, beliau mengatakan bahwa pesan yang akan ia sampaikan adalah sebuah pesan kewaspadaan. Beliau menyampaikan hadist terkait pesan Rasulullah jika terjadi suatu wabah penyakit pada suatu daerah.

Anies juga memberikan pesan bahwa warga tak perlu panik namun tidak juga menganggap kasus ini adalah masalah yang enteng, tidak meremehkannya.

Berikut 5 poin penting pesan Anies Baswedan untuk warga Jakarta:

1. Saat berjamaah shalat Jum'at dan kegiatan shalat jamaah lainnya di masjid, bawalah sajadah sendiri atau bawa sapu tangan untuk alas sujud.

2. Cuci tagan dengan sabun, sebelum dan sesudah shalat Jum'at

3.Untuk sementara waktu hindari jabat tangan, hindari cium pipi, gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan.

4. Bila sedang flu atau batuk, gunakan masker, dan bila tiba-tiba akan batuk atau bersin, maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau
dengan lipatan siku tangan

5. Kepada pengurus masjid :

  • Saat pengumuman sampaikan tentang wabah ini kepada seluruh jamaah. Ingatkan untuk cuci tangan dengan sabun, dan hindari sentuhan fisik untuk sementara waktu.
  • Bantu jamaah dengan menyediakan sabun di area wudhu
  • Mengingatkan agar proses pembersihan masjid ditingkatkan dan ditingkatkan lagi.

Terakhir, Anies Baswedan menyampaikan seruan untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terkait wabah COVID-19 ini.

"Mari sama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta. Mari kita tingkatkan doa dan tawakkal, semoga kota kita terhindar dari cobaan wabah ini, terima kasih."

Leave a Comment