7 Pesan Penting Anies Baswedan Lawan COVID-19 dengan Social Distancing Measure

Anies Baswedan Anies Baswedan (foto:instagram.com/aniesbaswedan)

Muslimahdaily - Minggu (15/3) Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan perintah penting bagi seluruh warga ibu kota untuk melaksanakan social distancing measure dalam rangka usaha pencegahan penularan COVID-19.

Penularan terjadi karena interaksi dari orang ke orang, karena itu warga dihimbau untuk melakukan social distancing measure pada hari-hari kedepan. Menjaga jarak antar warga, mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik dan menjauhi tempat-tempat berkumpul orang banyak.

Berikut 7 poin penting yang disampaikan Anies Baswedan lewat akun Instagram-nya untuk dilaksanakan:

1. Jangan keluar rumah kecuali amat penting, sebisa mungkin kerjakan pertemuan secara jarak jauh. Jalankan dengan serius untuk seluruh anggota keluarga.

"Selamatkan diri sendiri, selamatkan keluarga, itu artinya menyelamatkan orang banyak."

2. Hindari tempat-tempat yang berpotensi jadi wahana penularan. Misalnya kawasan yang penuh pengunjung, atau kegiatan yang dirinya atau duduknya berdekatan dengan orang banyak.

3. Tunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak.

"Walaupun kegiatannya suci, kegiatannya baik dan dirasa perlu, tapi jika tidak urgent, tunda saja."

4. Lakukan kegiatan keagamaan di rumah.

5. Tunda kegiatan resepsi. Jika memang harus dilaksanakan, harus dilaksanakan dengan ketat dan disiplin. Mengecek suhu sebelum masuk ruangan, menyiapkan ruangan isolasi, harus ada hand sanitizer di pintu masuk dan keluar serta tidak boleh ada jabat tangan.

6.Jangan bepergian dan kegiatan diluar rumah meski sekolah dan kuliah diliburkan. Tetaplah dirumah.

7. Tunda rencana pulang kampung sampai kondisi penularan terkendali.

Terakhir, Gubernur DKI Jakarta mengingatkan bahwa kedisiplinan adalah kunci keberhasian pencegahan virus ini. Maka dalam masa wabah warga diharapkan tidak sungkan untuk melakukan sosial distancing atau menjaga jarak dengan orang lain.

Last modified on Minggu, 15 Maret 2020 23:28

Leave a Comment