Kisah Heroik Dokter Handoko Gunawan Merawat pasien di Usia Senja

dr. Handoko Gunawan, Sp.P dr. Handoko Gunawan, Sp.P (foto:kunsula, facebook Noviana)

Muslimahdaily - Wabah virus corona saat ini sedang menjadi topik pembahasan hangat dunia, setiap hari update mengenai korban terus bertambah. Namun terlepas dari itu semua, ada banyak sosok petugas kesehatan yang rela berjuang siang malam demi merawat pasien corona. Mereka yang selalu siap siaga, mengorbankan dirinya untuk keselamatan dunia.

Salah satu diantaranya adalah dr. Handoko Gunawan, Sp.P informasi dari laman Konsula, dokter Handoko adalah seorang dokter spesial paru yang saat ini berpraktik di Rs. Grha Kedoya dan Rs.Pantai Indah Kapuk.

Sosoknya viral di sosial media saat akun Facebook Noviana Kusumawardhani membagikan foto sang dokter menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker.

"Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yg handle covid dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya usia sdh mendekati 80. Saat ini beliau terus kerja sampai jam 3 pagi. Anak anaknya udah saranin jgn ikut terjun krn sudah tua tp katanya kalau dia mati jg gpp," tulis Noviana.

Sejak dibagikan sore lalu, unggahan ini telah dibagikan sebanyak 6.000 kali dan mendapat like 10.000.

Setelah di konfirmasi oleh CNN Indonesia (18/3) kepada Noviana, belum ada jawaban. Namun, keaslian cerita soal Handoko yang viral itu dibenarkan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto. Saat ini, Handoko turut membantu menangani virus corona di Rumah Sakit Graha Kedoya, yang merupakan rumah sakit non-rujukan pemerintah.

Kisah dokter yang sudah lanjut usia ini mengundang banyak simpati dari warga Twitter, bahkan pagi ini #dokterhandokogunawan masih menjadi trending dan sebanyak 9.000 lebih orang menuliskan cuitan tentang kekaguman atas dedikasi dokter Handoko, banyak dari
mereka juga mendoakan sang dokter.

"Disaat banyak sekali orang-orang yang marah akan pemerintah, kita sampai lupa bahwa masih banyak para pahlawan yang rela berkorban untuk menjadi bagian besar COVID-19 ini, salah satunya dr. Handoko ini, respect dengan pengabdiannya! Dimanapun kalian semua, mari kita doakan beliau," tulis akun @elsyxxx.

Leave a Comment