WHO Tegaskan Virus Corona Tak Menyebar Lewat Udara

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Informasi mengenai virus COVID-19 terus berdatangan tak henti-hentinya. Di saat seperti, sangat mungkin sebuah informasi salah disebarluaskan. Tak jarang juga yang akhirnya menimbulkan kecemasan publik.

Seperti yang terjadi belakang ini, virus corona dikabarkan dapat menular lewat udara (airborne). Untuk itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis fakta mengenai hal tersebut.

Melalui akun Instagram dan Twitternya, WHO membantah bahwa virus COVID-19 dapat menyebar lewat udara atau airborne. Mereka menjelaskan bahwa virus ini menular lewat droplet atau cairan yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

Lebih lanjutnya, WHO juga menjelaskan bahwa droplet terlalu berat untuk bertahan di udara. Droplet akan jatuh mengenai lantai atau permukaan lain ketika keluar dari mulut seseorang.

Dalam unggahan tersebut juga disebutkan bahwa seseorang bisa terinfeksi bila menghirup virus jika berada pada jarak 1 meter dari seseorang yang memiliki virus COVID-19. Penularan juga bisa terjadi bila menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus dan kemudian meenyentuh mata, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan.

Untuk mencegah penyebaran virus, WHO menyarankan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, melakukan disinfeksi permukaan seserign mungkin, mencuci tangan, dan menghidari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Dalam unggahan lain, WHO juga membantah bahwa menahan napas selama 10 detik tanpa mengalami batuk atau perasaan tak nyaman bukan berarti terbebas dari virus corona ataupenyakit paru-paru lainnya. Langkah terbaik untuk membuktikan seseorang terinfeksi virus ini dengan melakukan tes laboratorium.

Leave a Comment