Pemerintah Beri Makan Hewan Liar di Turki Selama Pandemik Corona

Staf pemerintah sedang merawat dan memberi makan kcuing liar di Istanbul Staf pemerintah sedang merawat dan memberi makan kcuing liar di Istanbul ( Foto: ANTARA/XINHUA/Yasin Akgul/aa )

Muslimahdaily - Tak hanya bagi masyarakatnya, situasi lockdown di Turki nampaknya juga berdampak pada kucing dan anjing liar di sana. Akibat imbauan untuk tetap di rumah, kucing dan anjing tersebut jadi kehilangan sumber makanan mereka yang biasanya berasal dari sisa-sisa makanan manusia di tempat umum.

Hal tersebut ternyata juga turut menjadi perhatian pemerintah Turki. Menurut media setempat, Kementrian Dalam Negeri Turki berupaya untuk membantu hewan-hewan liar yang terkena dampak lockdown. 

Dilansir dari BBC News, Kemendagri Turki bersekiras akan melakukan beragam upaya untuk memastikan hewan liar tidak akan kelaparan. Upaya tersebut juga termasuk melakukan disinfeksi terhadap hewan tersebut.

Pihak berwenang telah bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyediakan air dan makanan kucing dan anjing di beberapa tempat. Makanan tersebut akan disebarkan di kebun, taman, tempat penampungan hewan liar dan di tempat manapun yang terdapat hewan liar.

Penyediaan makan bagi hewan liar biasanya dilakukan oleh aktivis, relawan, penduduk atau pemeritah daerah setempat. Namun, hal tersebut tak biasa dilakukan oleh pemerintah pusat.

Di Istanbul, kota terbesar di Turki, setidaknya terdapat 162.970 kucing liar dan 128.900 anjing liar.

Mayoritas warganet di Turki memuji Langkah yang dilakukan oleh Mendagri Suleyman Soylu ini.

Seperti yang diketahui, masyarakat Turki sangat dengat dengan hewan liar seperti kucing, anjing, hingga burung. Memberi makan hewan liar telah menjadi budaya penduduk Turki sejak masa kesultanan Utsmaniyah.

Leave a Comment