Kumandang Adzan Terdengar di Minneapolis untuk Pertama Kali

Masjid Dar Al Hijrah di Minneapolis, Minnesota Masjid Dar Al Hijrah di Minneapolis, Minnesota ( Foto: Aljazeera )

Muslimahdaily - Kumandang adzan terdengar di Minneapolis, kota terbesar di Minnesota untuk pertama kalinya. Kumandangi yang terdengar pada Kamis (23/4) lalu sekaligus menjadi tanda bagi masyarakat muslim setempat menyambut bulan suci Ramadhan.

Kumandang adzan terdengar lagi pada hari Jumat dan akan berlanjut 5 kali dalam sehari selama bulan suci Ramadhan.

Momen berkumandangnya adzan untuk pertama kali ini tentu membuat masyarakat muslim setempat gembira. Pasalnya, adzan belum pernah terdengar di daerah mereka sebelumnya.

“Beberapa orang menganggapnya sebagai sejarah,” ujar Abdisalam Adam, anggota dewan Masjid Dar Al Hijrah, di mana adzan dikumandangkan, seperti dilansir dari Aljazeera, Sabtu (25/5).

Adzan akan dikumandangkan oleh muadzin yang berbeda di setiap masjid yang berada di Minneapolis sehingga nantinya dapat menjangkau ribuan penduduk.

“Dengan ditiadakannya shalat Jumat dan shalat jamaah seperti biasa, kami berharap kumandang adzan ini dapat memenuhi kebutuhan spiritual masyarakat muslim,” kata Adam lagi.

Sebelumnya, komunitas muslim di Minneapolis telah membahas perihal adzan selama bertahun-tahun. Pada tahun ini, persoalan tersebut semakin mendesak lantaran adanya wabah COVID-19 sehingga masjid terpaksa ditutup dan masyarkat diminta untuk tetap di rumah.

“Kami ingin tetap berinteraksi dengan orang-orang yang sering mengunjungi masjid dan komunitas ini,” kata Jaylani Hussein, Direktur Eksekutif Dewan Minnesota untuk Hubungan Amerika-Islam (CAIR).

“Jika kita tidak bisa berinteraksi secara fisik, maka setidaknya kumandang suara ini menjadi seruan untuk berdoa dan menjadi kebersamaan di masa sulit ini,” tambahnya.

Last modified on Sabtu, 25 April 2020 06:02

Leave a Comment