Ka'bah Disterilkan dengan Teknologi Ozon

Syekh Abdul Rahman Al Sudais sterilisasi Ka'bah dengan teknologi ozon Syekh Abdul Rahman Al Sudais sterilisasi Ka'bah dengan teknologi ozon ( Foto: Twitter/SPAregions )

Muslimahdaily - Presiden Umum Urusan Masjid Agung dan Masjid Nabi di Mekkah dan Madinah, Syekh Abdul Rahman Al Sudais turut serta dalam sterikisasi Ka’bah pada Senin , (27/4) lalu. Syekh Al Sudais mengunakan teknologi ozon untuk sterilisasi Ka’bah.

"Presiden Umum Dua Masjid Suci meluncurkan teknologi sterilisasi baru (Ozon Tech)," berikut bunyi cuitan SPA dalam Twitter-nya seperti dilansir dari detikNET.

Hal tersebut merupkan salah satu dari sejumlah operasi guna merawat Hajar Aswad dan kain Kiswa. Pembersihan ini jug dilakukan guna mencegah penyebaran virus COVID-19.

Teknologi ozon untuk sterilisasi Ka’bah bukanlah hal baru. Teknologi ini sebenarnya sudah sering dipakai untuk membersihkan peralatan medis dan fasilitas kesehatan.

Seperti dilansir dari detikNET, teknologi ozon untuk strelisasi ini telah disahkan FDA pada tahun 2003 lalu. Teknologi ini terbukti efektif dalam membersihkan berbagai peralatan medis yang akan digunakan kembali. Biasanya peralatan berbahan dasar stainless steel, titanium, anodized aluminum, keramik, kaca, silica, PVC, Teflon, silikon, polypropylene, polyethylene, dan acrylic.

Teknologi ozon dilakukan dengan memproduksi ozon degan menggunakan oksigen alami yang ada di udara. Gas ozon merupakan pengoksidasi kuat yang dapat membunuh mikroorganisme, seperti bakteri dan virus.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ozon dapat menjad disinfektan udara yang efektif seperti halnya di dalam air. Sebelumnya, teknologi ozon juga biasa digunakan untuk membunuh bakteri E coli dan mensterilkan lingkungan yang terkontaminasi SARS.

Tak seperti teknologi disinfeksi lain, ozon tidak akan meninggalkan residu beracun di udar. Teknologi ozon ini cenderung lebih efisien dan aman untuk digunakan.

Last modified on Rabu, 29 April 2020 15:39

Leave a Comment