Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan Dibuka Kembali

Masjidil Haram Masjidil Haram ( Foto: AFP )

Muslimahdaily - Syekh Abdul Rahman Al Sudais memberikan gambar terbaru mengenai kegiatan ibadah di kedua masjid suci, yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Kabar tersebut disampaikan oleh Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tersebut dalam sebuah wawancara pada Rabu (29/4) lalu yang kemudian rilis juga di Twitter resmi Haramian Info. Syekh Al Sudais menyampaikan bahwa kedua masjid suci akan kembali normal.

“Saya membawa kabar baik untuk seluruh Muslim, bahwa keadaan akan kembali normal di kedua masjid tersebut secepatnya,” katanya.

“Kedua masjid akan kembali dibuka untuk tawaf dan shalat, dan penghormatan untuk Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam,” tambahnya.

Walau demikian, belum jelas kapan kedua masjid suci tersebut akan kembali dibuka. Dalam pertanyataanya, Syekh Al Sudais menyampaikan bahwa ia tidak akan terburu-buru.

“Kami tidak ingin terburu-buru membuka dua masjid suci karena semua langkah harus diambil demi kemaslahatan bersama,” katanya.

Pada cuitan tersebut, Syekh Al Sudais juga mengajak seluruh musim untuk berdoa demi kesalamatan dan berakhirnya pandemik yang terjadi di seluruh dunia.

“Kami menyerukan semua Muslim untuk terus berdoa agar pandemic berakhir, doakan pemimpin kita, apa yang mereka lakukan adalah demi kebaikan kita juga. Semoga Allah melindungi mereka,” tutupnya.

Sementara itu, sebagai langkah pencegahan, Syekh Al Sudais telah memasang kamera termal di Masjidil Haram. Kamera tersebut akan mendeteksi suhu tubuh 25 orang pada saat bersamaan. Kamera termal sebelumnya sudah ditempatkan di Masjid Nabawi pada awal bulan ini.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi memberlakukan kebijakan untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk umum. Tawaf dan kegiatan umrah lainnya ditangguhkan sampai waktu yang tidak ditentukan. Hanya pengurus dan petugas yang boleh mendirikan shalat fardu dan shalat tarawih di dua masjid suci tersebut.

Leave a Comment