Selesai Lockdown, Masjid-Masjid di Jerman Kembali Dibuka

Masjid Berlin Masjid Berlin (dw.com)

Muslimahdaily - Jerman akan kembali membuka masjid-masjid bagi para jamaah pada akhir pekan depan. Pembukaan masjid dilakukan menyusul Pemerintah Jerman yang meringankan pembatasan terkait virus corona di negara tersebut, dilansir dari Anadolu Agency, Senin (4/5).

Dewan Koordinasi Muslim Jerman (KRM) mengumumkan bahwa sebagian besar masjid akan dibuka kembali pada 9 Mei atau setelahnya. Namun, masih ada persyaratan jumlah jamaah yang lebih sedikit.

Umat muslim Jerman akan diperbolehkan salat subuh, dzuhur dan ashar berjamaah di sebagian besar masjid. Namun, untuk shalat Juat dan Tarawih tetap ditunda dan belum boleh dilaksanakan. Selain itu, jamaah juga diminta untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan membawa pengecek suhu tubuh sendiri demi mengurangi resiko infeksi.

Kebijakan ini terkait dengan telah dicabutnya kebijakan lockdown oleh pemerintah Jerman. Selain masjid, Pemerintah Jerman juga mengizinkan layanan ibadah berlangsung di gereja dan sinagoge namun dengan persyaratan para jamaah untuk bisa menjaga kebersihan dan mematuhi jaga jarak sosial.

Jerman merupakan negara keenam yang memiliki kasus corona terbanyak di dunia. Namun, saat ini Jerman telah berhasil memperlambat penyebaran virus corona dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini dikarenakan langkah-langkah kebijakan lockdown yang diberlakukan sangat ketat sejak Maret.

 

Leave a Comment