9 Masjid di London Borough Kumandangkan Adzan dari Atap Masjid

Adzan dikumandangkan adri atap Masjid E-Umer Adzan dikumandangkan adri atap Masjid E-Umer ( Foto: Arab News )

Muslimahdaily - 9 Masjid yang berada di wilayah Waltham Forest, London Borough diperbolehkan mengumandangkan adzan secara publik selama bulan Ramadhan. Adzan dilakukan untuk membantu umat Muslim tetap terhubung dengan masjid selama masa lockdown.

Otoritas setempat memberikan izin untuk mengumandangkan adzan dari atap masjid saat mataharari terbenam setiap hari. Adzan juga akan dikumandangkankan setiap hari Jumat jam 1 siang atau ketika biasanya shalat Jumat dilakukan.

Melansir dari laman Arab News, adzan pertama dilakukan pada hari Senin (4/5) lalu. Tak hanya kumadangan biasa, muadzin pun menambahkan lafadz adzan yang berbunyi “shalatlah kalian di rumah” dalam bahasa Arab.

Inisiatif pertama kali diutarakan oleh Said Looch, salah satu anggota dewan masjid setempat atau Waltham Forest Council of Mosque (WFCOM). Ia mengatakan dirinya yang mewakili lebih dari 70.000 muslim di sana terinspirasi dari Masjid Al Manaar yang berada di London Barat.

Masjid Al Manaar sebelumnya memang sudah mengumandangkan adzan secara publik saat matahari terbenam selama bulan Ramadhan. Izin didapat setelah melakukan uji coba dari Royal Borough di Kensington dan Chelsea.

“Kami menjelaskan bahwa umat Islam merasa terputus dari masjid karena kami tidak dapat menghadiri mereka selama masa lockdown. Saat Ramadhan, biasanya kami pergi ke masjid lebih sering dari biasanya dalam setahun karena kami melakuksanakan buka puasa dan shalat tarawih bersama,” Kata Looch seperti dilansir dari Arab News.

Looch mengatakan, WFCOM Menyusun surat yang dikirimkan kepada waarga setempat, terutama yang berada di dekat masjid alasan mengapa adzan dilakukan. Surat tersebut juga terdiri dari ajakan untuk memberikan feedback di situs web WFCOM.

“Meskipun kami menerima beberapa komentar Islamophobia, kami juga menerima ratusan pesan positif dari Muslim dan non-Muslim. Feedback-nya sangat baik,” tambahnya.

Dalam pernyataanya, WFCOM mengatakan bahwa sebisa mungkin tidak menimbulkan gangguan ke lingkungan sekitar dan adzan akan memakan waktu kurang dari lima menit saja.

The East London Mosque dan London Muslim Centre yang berada di distrik Whitechapel merupakan masjid pertama di Inggris yang mengumandangkan adzan secara publik ketika masjid dibuka pada tahun 1985. Adzan dapat terdengar mulai dari pukul 7 pagi hingga 7 malam sesuai waktu masuk shalat.

Leave a Comment