Remaja Masjid yang Viral Bangunkan Sahur dengan Bersyair Rilis Video Klip

Remaja masjid di Aceh Remaja masjid di Aceh ( Foto: Instagram/coverby_anis )

Muslimahdaily - Di Indonesia, membangunan orang sahur biasanya dilakukan melalui pengeras suara di masjid. Cara yang dilakukan pun bermacam-macam. Ada yang dengan ajakan hingga melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Namun cara yang dilakukan untuk membangunkan sahur oleh sejumlah pemuda di Aceh sedikit unik. Pasalnya, mereka yang diketahui sebagai remaja masjid Al Furqon, Gampong Beurawe, Banda Aceh ini memilih untuk menyanyikan syair nasyid dengan bahasa Aceh.

Melalui sebuah video yang cukup viral di Facebook, terlihat sejumlah pemuda di Aceh tengah berkumpul di dalam masjid. Mereka menyanyikan syair secara berbarengan. Yang membuatnya unik, syair tersebut dinyanyikan dengan suara yang merdu yang mendayu-mendayu. Liriknya berisi ajakan untuk bangun sahur dalam bahasa Aceh.

Atas aksi viralnya tersebut, remaja masjid Al Furqon banyak mendapat respon positif dari netizen. Mereka dipuji karena memilih cara yang sangat menarik untuk membangunkan sahur.

Setelah cukup viral di tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, remaja masjid Al Furqon akhirnya memutuskan untuk membuat video klip. Video tersebut diunggah oleh sang vokalis yakni Anis di Instagram miliknya pada Jumat (8/5) lalu.

View this post on Instagram

Nisfun Nahar (Anis) - Watee Ka Saho (Official Music Video) Title: Watee Ka Saho Vokal: @coverby_anis (Anis) Lirik: @badrunnafis_albarawi Di Indonesia, tradisi membangunkan sahur memiliki keunikan-keunikan tersendiri di tiap-tiap daerah. Di Aceh sendiri, tradisi membangunkan sahur biasanya dengan meneriakkan "sahur" menggunakan mikrofon di mesjid, mushalla ataupun meunasah. Ada juga pemuda yang mengumandangkan syair-syair khusus untuk membangunkan warga di kala waktu sahur tiba. Contohnya syair lagu "Wate Ka Sahoe" yang baru-baru ini dipopulerkan oleh seorang pemuda Gampong Beurawe (Banda Aceh) yang bernama Nisfun Nahar (Anis) bersama teman-teman remaja mesjid setempat. Video pemuda Gampong Beurawe membangunkan sahur ini viral di media sosial, bahkan sejak puasa-puasa tahun lalu. Akhirnya Anis dan kawan-kawan bersepakat untuk menggarap lebih serius lagi lagu "Wate Ka Sahoe" ini baik dari segi rekaman musik juga video klipnya, dengan harapan bisa menghibur masyarakat Aceh dan memperkenalkan keunikan membagunkan sahur di Aceh kepada seluruh masyarakat nusantara. Musik Producer: @doni_musik Vocal Director: @rial_rialdoni Mixing & Mastering: @doni_musik Music Record: @doni_musikstudio ------------------------------ Produser: @amri_a1 Manager Produksi: @suhiel17 ------------------------------ DOP: @amri_a1 Video Editor: @suhiel17 Post Production: @moveon_management ------------------------------ Terima kasih: Pemuda Gampong Beurawe ------------------------------ Move On Management ©️2020 ------------------------------ For Business: Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Contact: 0852 7755 7202 Nantikan terus karya-karya terbaru dari NISFUN NAHAR (ANIS) di channel youtube: MOVE ON MANAGEMENT

A post shared by nisfunnahar (@coverby_anis) on

Menurut penuturan Anis, video klip dibuat dengan alasan memperkenalkan keunikan tradisi membangungkan sahur di Aceh.

“Akhirnya Anis dan kawan-kawan bersepakat untuk menggarap lebih serius lagi lagu "Wate Ka Sahoe" ini baik dari segi rekaman musik juga video klipnya, dengan harapan bisa menghibur masyarakat Aceh dan memperkenalkan keunikan membangunkan sahur di Aceh kepada seluruh masyarakat nusantara,” tulis Anis dalam kolom keterangan.

Leave a Comment