Dukung UMKM, Instagram Luncurkan Fitur ‘Support Small Business’

Fitur baru Instagram Fitur baru Instagram (business.instagram.com)

Muslimahdaily - Instagram meluncurkan serangkaian pembaruan dan fitur baru di platform media sosialnya. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah situasi pandemi Covid-19.

Di tengah situasi pandemi Corona ini, para pelaku bisnis mengalami banyak tantangan dalam penjualan. Untuk itu, dukungan sangat diperlukan agar para pengusaha, komunitas, serta ekonomi dunia dapat bertahan melewati masa ini.

Instagram hadir dengan cara baru untuk mempromosikan dan mendukung bisnis kecil, serta beberapa fitur lain yang membantu pelaku bisnis mendapatkan informasi terkini.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan sticker baru ‘Support Small Business', pengguna dapat dengan mudah menunjukkan dukungannya untuk UMKM lewat stories mereka. Untuk mendukung suatu bisnis, pengguna dapat menyebut akun Instagram toko di stiker tersebut.

Jika pengguna menggunakan stiker ini, maka stories mereka akan digabungkan menjadi satu dengan pengguna stiker lainnya. Dengan begitu pengikut mereka dapat melihat stories dan bisnis yang mereka dukung tersebut di posisi urutan paling depan.

Ada dua tampilan yang akan tersedia, pertama id toko tersebut beserta 3 post foto terakhir, yang kedua hanya id tokonya saja. Saat pengguna Instagram menekan stiker tersebut, maka akan keluar pilihan ‘Kunjungi Toko’, dan ‘Pesan Makanan.’

Warganet cukup mengetuk tulisan 'Pesan makanan' di Stories untuk langsung melakukan pemesanan produk UMKM yang terhubung dengan akun Go-Food maupun GrabFood. Stiker pesanan makanan tersedia untuk akun bisnis Instagram di perangkat Android maupun iOS.

Meengutip dari Republika, Mulai hari ini (12/5), Instagram juga meluncurkan stiker gift card di Indonesia untuk membantu UMKM memasarkan voucher diskon dari bisnis mereka. Pelaku bisnis dapat menggunakan stiker ini di Stories, atau menambah tombol tindakan di profil bisnis.

Ketika pengikut akun mengetuk stiker di Stories atau di profil bisnis, mereka akan secara otomatis diarahkan ke laman mitra penyedia //gift card// Instagram. Untuk menggunakan stiker ini, UMKM dapat bergabung dengan mitra penyedia gift card Instagram.

Saat ini, Instagram bekerja sama dengan gerakan sosial Support Local Brands yang diinisiasi oleh Tada, Moka, dan GO-JEK. Gerakan tersebut berupaya mengantisipasi dampak Covid-19 terhadap UMKM lokal melalui penjualan gift card atau voucher diskon.

https://www.instagram.com/p/CAEO8mdHFa6/

Last modified on Kamis, 14 Mei 2020 03:41

Leave a Comment