Patuhi Protokol New Normal, Shalat Jumat di Turki Digelar di Taman Bermain

Shalat Jumat digelar di taman bermain di Turki Shalat Jumat digelar di taman bermain di Turki ( Foto: Instagram/behcet.alkan )

Muslimahdaily - Menjelang new normal, masjid-masjid di Turki mulai dibuka kembali. Pemerintah Turki mengizinkan warganya untuk menunaikan ibadah shalat Jumat di masjid mulai 29 Mei lalu. Walaupun begitu, Pemerintah Turki tetap menghimbau warganya untuk tetap memperhatikan aturan social distancing.

Protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer wajib dilakukan oleh jamaah sebelum masuk ke masjid. Bahkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Pemerintah Turki mengerahkan petugas kepolisian untuk menjaga ketertiban saat pelaksanaan shalat Jumat.

Barang-barang yang berisiko penyebaran virus Corona tidak diijinkan masuk masjid, seperti tasbih, meja baca dan sepatu. Selain itu, pengurus masjid dan polisi yang ditugaskan di masjid wajib memberikan masker dan sajadah sekali pakai kepada jamaah shalat Jumat. Dilansir dari VOA News pada Senin (1/6), orang yang berusia lebih dari 65 tahun dianjurkan untuk tidak mengikuti shalat Jumat di masjid.

Diketahui bahwa masjid-masjid di Turki ternyata telah ditutup selama 2,5 bulan. Melansir dari laman Anadolu Agency, tidak seperti shalat Jumat biasanya, jamaah salat Jumat banyak yang melaksanakan ibadah di luar ruangan masjid dengan menjaga jarak sosial.

Hal ini juga nampak pada salah satu unggahan Instagram @ilmfeed yang memperlihatkan jamaah shalat Jumat melaksanakan shalat di taman bermain. Diketahui bahwa taman bermain ini ternyata terletak di dekat masjid.

https://www.instagram.com/p/CBNvicklit3/

Dalam postingan tersebut, dituliskan bahwa sebuah masjid di Nevşehir mengadakan shalat di taman bermain di sebelah masjid. Terlihat pula imam yang sedang berdiri untuk menyampaikan khutbah. Berikut kutipan tersebut.

“Masjid-masjid di Turki diharuskan mengadakan shalat Jumat di luar. Sebuah masjid di Nevşehir mengadakan shalat di taman bermain di sebelah masjid. Lihatlah di mana imam berdiri untuk menyampaikan khotbah. Seseorang di Reddit berkomentar: "Apakah imam akan meluncur setelah berdoa?”

Foto dari postingan tersebut diambil oleh seseorang yang memiliki akun Instagram @behcet.alkan.

Terlepas dari hal tersebut, pembukaan masjid di Turki akan dilakukan secara bertahap. Mengutip Anadolu Agency, Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Ali Erbas mengatakan, bahwa pada tahap pertama, dua dari shalat lima waktu dan salat Jumat akan diizinkan. Beberapa pekan kemudian, shalat harian laiinya secara bertahan juga dibolehkan.

Last modified on Rabu, 10 Jun 2020 12:49

Leave a Comment