Jakarta Book Fair Tahun Ini Diadakan Secara Online

Jakarta Book Fair 2020 Jakarta Book Fair 2020 ( Foto: Instagram/bukurepublika )

Muslimahdaily - Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk mengadakan Jakarta Book Fair 2020 secara online. Kegiatan ini diselenggarakan sejak 29 Juni - 2 Juli 2020. Dalam penyelenggaraannya kali ini, IKAPI DKI Jakarta berkolaborasi dengan marketplace Shopee dan Republika.

Dalam rilis yang diterima Muslimahdailly, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilakukan secara online ini. Mengingat kondisi pandemi COVID-19 di Jakarta yang mengharuskan warganya menjaga jarak. Anies juga mengucapkan terima kasih kepada pihak IKAPI DKI Jakarta dan Shopee serta berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya.

"Kepada IKAPI DKI Jakarta dan Shopee saya sampaikan terima kasih, dan mengapresiasi atas upayanya telah mendorong kegiatan ini untuk tetap berlangsung. Dan berharap dapat memberikan manfaat bagi semuanya," ungkapnya pada Senin (29/1).

Hikmat Kurnia selaku Ketua IKAPI DKI Jakarta menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan secara daring ini bertujuan untuk membuka peluang pasar yang lebih luas, mendukung perekonomian Indonesia, serta dapat meningkatkan literasi, dan budaya membaca.

"Kami berharap kerjasama dengan Shopee dan Republika dapat memperluas jangkauan karya-karya penerbit, mendukung perekonomian Indonesia dan meningkatkan literasi serta budaya membaca," ujar Hikmat.

Sedangkan Radityo Triatmojo selaku Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya sangat senang dapat bekerjasama dengan IKAPI.

"Kami senang sekali dapat bekerjasama dengan IKAPI dalam menghadirkan Jakarta Book Fair online 2020. Sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung konsumen dalam menjalankan the new normal, kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menciptakan pengalaman belanja online terbaik, salah satunya dengan menghadirkan kampanye Jakarta Book Fair online 2020," ujarnya.

Ketua Panitia Jakbook Online yaitu Mh sadli mengatakan acara ini diikuti oleh 85 penerbit dengan 31 ribu judul buku, dan lebih dari 900 ribu eksemplar selama Jakbook berlangsung. "Alhamdulillah, banyak peserta penerbit yang turut serta mengikuti acara Jakbook Online ini. Ada 31 ribu judul buku, dan lebih dari 900 ribu eksemplar yang disiapkan para penerbit selama Jakbook berlangsung," terangnya pada Kamis (26/6).

Tak hanya Shopee, pihak Republika melalui Irfan Junaidi selaku Pemimpin Redaksi Republika menuturkan bahwa sangat mendukung pameran Jakbook Online 2020. Serta mengucapkan terima kasih kepada IKAPI DKI Jakarta yang telah menggandeng Republika sebagai media partner.

"Mari bersama-sama kita meningkatkan literasi untuk kebaikan bersama dan mencerdaskan bangsa," tutur Irfan.

Leave a Comment