Marvel Kenalkan Kamala Khan, Karakter Muslim Baru di Dalam Video Game

ms marvel ms marvel (foto: republika.co.id)

Muslimahdaily - Marvel Avengers telah resmi menambah satu karakter baru di video game blockbuster bernama Kamala Khan. Dilansir dari BBC, Jumat (3/7), Kamala Khan akan bergabung dengan superhero lainnya seperti Hulk, Iron Man, dan Captain America.

Kamala sendiri merupakan karakter remaja Muslim-Amerika keturunan Pakistan yang memiliki kemampuan mengubah bentuk. Karakter tersebut juga merupakan karakter baru yang mengadopsi Ms Marvel.

Maria Afsar, seorang gamer berusia 25 tahun, mengungkapkan dirinya pertama kali mendengar tentang Ms Marvel dari komik beberapa tahun silam. Ia langsung berpikir bahwa hal itu merupakan sesuatu yang sangat keren. Sebab, tokoh karakter memiliki latar belakang yang mirip dengannya yaitu perempuan muslim Pakistan.

"Ketika aku melihat pengumuman bahwa dia akan berada dalam permainan dan salah satu karakter utama, aku hanya berpikir aku benar-benar telah menunggu sesuatu seperti ini sepanjang hidupku. Aku tidak melihat yang seperti ini ketika aku masih muda," ungkap Maria.

Karakter superhero Muslim ini diciptakan bersamaan oleh editor dan sutradara Marvel yaitu Sana Amanat pada tahun 2014. Sana Amanat sendiri merupakan seorang Muslim-Amerika. Ia ingin menciptakan karakter yang dapat diidentifikasikan dan dilihat oleh para gadis muda dengan latar belakang yang sama.

Sebenarnya, karakter Kamala Khan telah diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014. Seorang perempuan keturunan Pakistan berusia 16 tahun dan tinggal di Jersey City. Kamala menjadi karakter Muslim pertama Marvel yang telah memimpin seri buku komiknya sendiri.

Sitara Shefta, kepala studio di No Brakes Games, mengungkapkan bahwa beberapa desain karakter Muslim rata-rata kurang mencerminkan pemuda Muslim. Menurutnya, Ms Marvel kali ini jauh lebih representatif dari apa sebenarnya pemuda Muslim.

Penambahan Kamala juga merupakan langkah besar dan representasi dengan baik dalam game. Sitara menambahkan bahwa karakter Muslim Pakistan dapat menjadi panutan bagi anak-anak.

"Ini sangat penting, mengapa orang Pakistan dan Muslim tidak boleh memiliki karakter dan cerita yang menginspirasi mereka? Mereka biasanya digambarkan sebagai teroris atau penjahat yang kami lawan dalam pertandingan. Sekarang kami memiliki karakter Muslim Pakistan yang berdaya, dan menjadi panutan bagi anak-anak dari komunitas ini untuk terinspirasi," ujar Sitara.

 

Last modified on Jumat, 03 Juli 2020 13:49

Leave a Comment