Gerhana Matahari Total, Komunitas Astronomi dan Masyarakat Gelar Shalat Gerhana

Ilustrasi Ilustrasi (Foto : Balqis/Muslimahdaily.com)

Muslimahdaily - Gerhana Matahari Total menjadi fenomena alam yang cukup langka di Indonesia. Pernah terlihat di tahun 1983, GMT kini kembali melintasi Indonesia, Rabu, 9 Maret 2016. Euforia pemantauan GMT di berbagai wilayah di Indonesia pun begitu marak lantaran fenomena ini diperkirakan baru akan ada lagi pada tahun 2042 mendatang.

Di tengah kehebohan suasana pemantauan Gerhana Matahari Total, umat muslim baik dari kelompok astronomi maupun masyarakat biasa di banyak wilayah Indonesia menggelar shalat sunnah gerhana. Sebagai rasa syukur atas kebesaran dan kekuasaan Allah, shalat gerhana pernah dilakukan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dan menjadi sunnah yang dianjurkan untuk diikuti umat muslim.

Di Jawa Timur, Komunitas Pelajar Astronomi (Kompas) menggelar shalat gerhana di sekitar lokasi pemantauan gerhana, yakni di area Monumen Arek Lancor. Selain kelompok ini, Badan Hisab dan Rukyah (BHR), Lajnah Falakiyah, dan santri pondok pesantren pun menggelar shalat gerhana di lokasi yang sama. Meski tidak dilintasi gerhana matahari total, melainkan hanya sebagian saja, para kelompok ini tetap memanfaatkan momen langka tersebut untuk belajar dan beribadah.

Tak hanya di Jawa Timur, Bogor menyiapkan 40 masjid untuk menggelar shalat gerhana ini. Bahkan, lokasi yang dilintasi gerhana matahari total, seperti Palembang dan Palangkaraya juga menggelar sholat ini. Masjid yang digunakan adalah masjid raya setempat yang bisa diikuti oleh umat muslim di sekitarnya.

Shalat gerhana merupakan shalat sunnah 2 rakaat dengan 4 kali ruku'. Shalat ini disunnahkan berjamaah di masjid dan terdapat khutbah setelahnya.

Adapun Gerhana Matahari Total di Indonesia terjadi di 12 provinsi. Mereka adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, semua Kalimantan kecuali Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Wilayah Jawa, Bali, dan lainnya tetap bisa menikmati gerhana matahari, namun gerhana matahari haya terlihat sebagian.