Mengenal Kucing Gli, Penjaga Setia Hagia Sophia yang Viral

kucing gli kucing gli (foto: instagram.com/catsoftuluyhan)

Muslimahdaily - Hagia Sophia menjadi topik yang sedang ramai diperbincangkan setelah resmi beralih fungsi kembali menjadi masjid sejak Jumat lalu. Tak melulu soal bangunan dan sejarahnya, terdapat hal unik lain yang menarik perhatian banyak pengunjung dan media. Yaitu kucing bernama Gli yang setia menjaga Hagia Sophia selama 16 tahun terakhir.

Melansir dari Republika, Selasa (14/7), Gli memiliki arti 'persatuan cinta'. Gli merupakan kucing berjenis Eropa, memiliki bulu pendek yang cantik, mata sedikit juling, dan sikap yang menawan. Kucing Gli menjadi salah satu pusat perhatian dan kesayangan bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Hagia Sophia.

Banyaknya wisatawan dari berbagai negara yang mengunjungi Hagia Sophia, membuat keberadaan Gli tak hanya terkenal di Turki saja. Tak heran apabila banyak tersebar foto Gli di media sosial. Bahkan berbagai media di dunia juga tak jarang mengulas tentang Gli.

Gli mulai populer ketika kala itu Presiden Reccep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada medio 2009 membelai dirinya. Sejak kejadian itu, kucing Gli ramai diperbincangkan khususnya di Turki. Ketika di usia muda, Gli sering berburu burung yang mengitari Hagia Sophia untuk dijadikan makanan. Namun, karena usia dan kondisi matanya saat ini, hal itu tak bisa lagi dilakukan.

Kembalinya status Hagia Sophia menjadi masjid tak membuat Gli harus dipindahkan. Meskipun pada Jumat 24 Juli mendatang akan digelar sholat Jumat pertama kali di Hagia Sophia, Gli tetap dapat beraktifitas bebas. "Gli akan tetap berada di dalam Hagia Sophia sebagai tamu yang sempurna," ungkap TRT World, Media Pemerintah Turki.

Bahkan karena kepopuleran Gli, Umut Bahceci seorang pemandu wisata Hagia Sophia sampai membuatkan akun Instagram bernama @hagiasophiacat. Akun instagram tersebut telah mengunggah 631 foto tentang Gli dan memiliki 32,7 ribu pengikut.

 

 

Last modified on Selasa, 14 Juli 2020 12:07

Leave a Comment