Mulai Hari Ini, Masuk Tanah Suci Makkah Akan Dibatasi

suasana mina di musim haji suasana mina di musim haji (foto: republika.co.id)

Muslimahdaily - Mulai hari Minggu, (19/7), Kerajaan Arab Saudi berispa untuk mengadakan ziarah terbatas pada tahun ini. Hal ini dilakukan atas kekhawatiran akan virus corona baru. Bahkan pihak berenang akan memberlakukan larangan memasuki stitu-situs tanah suci tanpa izin.

Melansir dari Ihram, Minggu (19/7), beberapa tempat sui yang akan dijaga oleh personil kemanan setempat diantaranya adalah situs suci Mina, Musdalifah dan Arafat. Para petugas akan mencegah orang yang ingin masuk kesana tanpa izin.

Menurut pernyataan resmi dari Kementrian Dalam Negeri, pembatasan ini akan mulai berlaku dari tanggal 28 Dzul Qadah hingga 12 Dzul Hijjah.

Terkait dengan hukuman bagi warga yang melanggar, maka mereka akan dikenakan denda sebesar SR10.000 dan akan terus berlipat ganda jika ada pengulangan. Petugas keamanan akan bertugas di semua jalan menuju tempa-tempat suci untuk mencegah pelanggaran selama periode yang ditentukan juga menerapkan hukuman bagi pelanggar.

Pembatasan ini juga berlaku bagi jamaah yang akan berkunjung ke Mekah. Kerajaan telah mengumumkan bahwa akan ada pembatasan peserta haji tahun 2020, yaitu maksimal di angka 10.000 jamaah. 70 persen akan diberikan pada penduduk asing dan 30 persennya adalah untuk warga Arab Saudi.

Jumlah ini ditetapkan untuk memastikan haji yang aman untuk semua, yang aman dari pencemaran virus covid-19.

 

Leave a Comment