Shalat Jumat Pertama di Hagia Sophia, Jamaah Antre Sejak Subuh

situasi di hagia sophia pagi ini situasi di hagia sophia pagi ini (foto: instagram.com/ilmfeed)

Muslimahdaily - Untuk pertama kalinya setelah 86 tahun, Hagia Sophia menyelenggarakan kembali shalat Jumat pada hari ini, 24 Juli 2020. Sekitar 1.500 orang akan hadir secara bersamaan dalam upacara pembukaan di bagian dalam dan luar bangunan bersejarah itu.

Shalat Jumat pertama ini akan dipimpin oleh Ali Erbaş, ketua direktur keagamaan Turki. Melansir dari Republika, Jumat (24/7), tempat ibadah yang tadinya adalah museum ini, akan dihadiri tokoh petinggi Turki seperti Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Devlet Bahceli dalam acara pembukaan masjid tersebut.

Selain tokoh terkemuka dalam negeri, pemerintah Turki juga turut mengundang banyak pejabat tinggi dari negara asing lainnya, seperti presiden dari negara Azerbaijan dan Qatar yang diharapkan dapat hadir dalam pembukaan dan ibadah shalat jumat tersebut.

Sebelumnya, pengubahan resmi status Hagia Sophia sebagai masjid ini adalah berdasarkan keputusan Pengadilan Tinggi dan dekret Presiden Turki. Berita menggembirakan ini disambut meriah oleh seluruh umat Muslim di dunia.

Hal ini nampak dari antusias mereka untuk menyambut sholat Jumat pertama di Hagia Sophia. Para Muslim yang datang dari berbagai negara menanti-nantikan bisa melaksanakan sholat Jumat ini.

Dari penuturan salah satu netizen, para jamaah ini bahkan rela mengantre dari subuh agar bisa mengikuti acara sholat Jumat.

Meskipun demikian, protokol kesehatan pencegahan virus Corona akan tetap dilaksanakan. Oleh karena itu, otoritas Turki meminta setiap jamaah yang hadir nantinya tetap menggunakan masker wajah dan mencuci tangan.

Sementara itu, dilansir dari BBC, Jumat (24/7), lukisan dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu salat tetapi tetap akan dipajang.

Di luar waktu shalat, hagia Sophia akan tetap terbuka untuk semua pengunjung dan wisatawan.

 

Last modified on Sabtu, 25 Juli 2020 10:52

Leave a Comment