Shalat Jumat di Hagia Sophia, Erdogan Lantunkan Ayat Al Qur'an

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Melantunkan Ayat Al Qur'an Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Melantunkan Ayat Al Qur'an ( Foto: Youtube/euronews (in English) )

Muslimahdaily - Kemarin, 26 Juli 2020 jadi salah satu hari bersejarah bagi umat muslim di Turki. Pasalnya, pada hari itu Hagia Sophia Shalat Jumat kembali digelar di Hagia Sophia sekaligus menjadi setelah 86 tahun. Di kesempatan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melantunkan ayat Al Quran.

Pelaksanaan Shalat Jumat pertama ini turut dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Duduk di shaf paling depan, bersama Erdogan juga terlihat pejabat Turki lain. Ia terlihat mengenakan kemeja putih dan jas hitam serta masker dan peci putih.

( Baca Juga: Shalat Jumat Pertama di Hagia Sophia, Jamaah Antre Sejak Subuh )

( Baca Juga : Kumandang Adzan Pertama di Hagia Sophia Setelah 85 Tahun )

Bacaan ayat Al Qur’an memang tak hentinya terdengar dari Hagia Sophia yang sudah berubah fungsi ini. Pada kesempatan ini, Erdogan turut melantunkan Surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan Surat Al Baqarah ayat 1 sampai 5.

Melansir dari Muslimahdaily, Shalat Jumat pertama ini dipimpin Ali Erbaş, ketua direktur keagamaan Turki. Selain dihadiri pejabat Turki, turur hadir juga Pemimpin partai Gerakan Nasionalis (MHP), Devlet Bahceli.

Setidaknya ada puluhan ribu jamaah yang hadir pada pembukaan dan Shalat Jumat ini. Jamaah lain terlihat memadati lingkungan hingga ruas-ruas jalan sekitar Hagia Sophia.

Mereka memakai masker serta membawa sajadah sendiri. Sementara shaf di dalam dan luar masjid diatur dengan berjarak agar tetap mematuhi kebijakan physical distancing.

Last modified on Sabtu, 25 Juli 2020 12:33

Leave a Comment