Menagih Janji Kouta Haji dan Santunan Arab Saudi

Lokasi jatuhnya crane di area Masjidil Haram (11/9) Lokasi jatuhnya crane di area Masjidil Haram (11/9) (Foto : Twitter @KSA_998)

Muslimahdaily - Pertemuan Menteri Agama Lukman Hakim dengan Menteri Haji Arab Saudi untuk menetapkan kuota jamaah haji tahun 2016 ternyata tak menghasilkan kabar yang baru. Dilansir Republika Online, staf kantor urusan haji Indonesia di Arab Saudi, Slamet, mengungkapkan kedu menteria ini sepakat tidak ada penambahan kuota.

Slamet menjelaskan jika tahun 2016 ini jumlah kuota jamaan haji Indonesia adalah 168.800 jamaah seperti tahun sebelumnya. Wacana penambahan kuota sebelumnya diutarakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz secara langsung pada Presiden Joko Widodo saat bertemu tahun lalu. Raja Arab Saudi tersebut menjanjikan 10 ribu tambahan jamaah untuk Indonesia.

Selain mengenai tambahan kuota, Indonesia juga menagih janji Arab Saudi untuk memberikan santunan bagi para keluarga korban jatuhnya crane di Masjidil Haram. Pihak Arab menjanjikan satu juta riyal untuk korban meninggal dan 500 ribu riyal untuk korban luka-luka. Tak hanya itu, pihaknya juga akan memberi keluarga korban undangan untuk menggantikan haji para korban.

Santunan tersebut dijelaskan masih dalam proses. Arab Saudi akan mengurus data korban sedetail mungkin agar bisa terlaksana dengan baik. Korban dari Indonesia tercatat sejumlah 12 korban meninggal dan 61 orang luka-luka.

Dalam kunjungannya ke Arab Saudi, Lukman Hakim juga mengecek persiapan haji 2016 serta fasilitas yang dibutuhkan untuk jamaah Indonesia mendaatang.