Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setelah Setahun Lamanya

gunung sinabung erupsi gunung sinabung erupsi (foto: kompas.com)

Muslimahdaily - Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi pada hari Sabtu (8/8) pada pukul 01.58 WIB. Ketinggian kolom yang teramati mencapai 2.000 m.

Setelah erupsi pertama, erupsi kedua pun menyusul pada pukul 17.18 WIB dengan tinggi kolom 1.000 m. Dilansir dari Antara, MInggu (9/8), terdapat empat kecamatan yang terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung yaitu Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4, dan Kecamatan Merdeka. Hingga saat ini status Gunung Sinabung masih berada di Level III (Siaga).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo menghimbau agar warga tidak melakukan aktivitas di dalam zona merah atau pada radius 3 km dari pusat erupsi.

“Kemudian radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara,” ujar Natanail, Pelaksana tugas BPBD Kabupaten Karo, dikutip dari Antara, Minggu (9/8).

Sampai saat ini belum ada laporan dari BPBD Kabupaten Karo mengenai korban dari erupsi Gunung Sinabung. Masyarakat diharuskan tetap waspada karena masih ada potensi erupsi susulan dari Gunung Sinabung.

Erupsi ini merupakan erupsi pertama Gunung Sinabung di tahun 2020 setelah terakhir tercatat pada Juni 2019 lalu yang mencapai ketinggian kolom 7.000 m di atas puncak. Mari kita doakan selalu untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Karo.

Leave a Comment