Permudah Siswa Belajar Online, Pemkab Aceh Tamiang Pasang WiFi Gratis Di Masjid

ilustrasi sekolah online ilustrasi sekolah online (foto: detik.com)

Muslimahdaily - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang memutuskan untuk memasang WiFi gratis di masjid-masjid, demi mendukung program pembelajaran sistem daring untuk siswa.

Melansir dari Detik, Senin (24/8), Bupati Aceh Tamiang H. Mursil sudah menggelar rapat bersama Dinas Pendidikan membahas pelaksanaan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang sedang berlangsung. Mursil mengemukakan bahwa pelaksanaan sekolah daring ini masih belum efektif karena terdapat beberapa persoalan.

Salah satunya adalah ketidaksiapan fasilitas dan akses internet bagi beberapa orang tua murid. Banyak yang mengeluh karena tidak bisa membeli kuota internet. Sedangkan untuk mengadakan sekolah tatap muka, Kabupaten Aceh Tamiang belum sanggup untuk mengadakannya.

“Kondisi zona Aceh Tamiang tidak memungkinkan untuk melakukan sekolah tatap muka. Dalam rapat koordinasi yang sudah dilaksanakan, kita mencari solusi bersama agar aktivitas belajar jarak jauh dapat berjalan efektif dan maksimal,” ungkap Mursil.

Pada akhirnya, Mursil memberikan solusi yaitu memasang WiFi gratis di masjid-masjid. Ia meminta kepada kantor kepala desa untuk memindahkan fasilitas internet uang ke masjid dan surau di Aceh Tamiang. Untuk pedesaan yang belum memiliki akses internet sama sekali, maka akan dipasangkan langsung di dalam masjid.

“Solusi ini dirasa tepat agar program PJJ dapat berjalan efektif dan juga mengurangi keluhan para orang tua murid yang tidak mampu membeli kuota internet,” kata Mursil.

Selain itu juga, dengan dipasangnya akses internet di masjid dapat mendorong anak-anak untuk salah berjamaah di masjid pada waktu Ashar sembari menunggu masuknya waktu Maghrib untuk melaksanakan program Maghrib Mengaji.

Mursil pun menambahkan, “Orang tua yang mendampingi anaknya di masjid juga bisa menggunakan akses internet grtis ini untuk melakukan aktivitas belajar anak secara daring.”