Presiden Jokowi Dalam Pertemuan PBB: Indonesia Konsisten Beri Dukungan Pada Palestina

presiden jokowi presiden jokowi (youtube.com/sekretariatpresiden)

Muslimahdaily - Dukungan Indonesia terhadap Palestina mendapatkan respon positif dari berbagai negara. Presiden Joko Widodo mengumumkan hal tersebut secara virtual melalui pidatonya dalam pertemuan PBB ke-75 pada hari ini, Rabu (23/9) jam 07.30 WIB. Presiden Jokowi mendapat jadwal di hari pertama (urutan ke-19) untuk menyampaikan pidato dalam sesi debat SU PBB tanggal 22 September jam 20.30 waktu New York.

Presiden Jokowi kembali menyinggung tujuan awal terbentuknya PBB adalah untuk menyatukan dunia agar terciptanya kedamaian dan kesejahteraan.

“Tahun ini genap 75 tahun usia PBB. 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar perang besar, Perang Dunia II, tidak terulang kembali. 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar dunia bisa lebih damai, stabil, dan sejahtera. Karena perang tidak akan menguntungkan siapa pun. Tidak ada artinya sebuah kemenangan dirayakan di tengah kehancuran. Tidak ada artinya menjadi kekuatan ekonomi terbesar di tengah dunia yang tenggelam.” Ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya, dilansir dari Kompas, Rabu (23/9).

Dukungan Presiden Jokowi terhadap Palestina diperkuat dengan isi pidatonya yang disiarkan langsung di Youtube Sekertariat Presiden.

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung (Konferensi Asia Afrika), yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya."

Pentingnya kerjasama juga sempat disinggung oleh Presiden Jokowi, "Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik melalui ASEAN Outlook on The Indo-Pacific," lanjut Presiden Jokowi.

Perlu diketahui, bahwa dukungan Presiden Jokowi tak semerta-merta tanpa alasan yang kuat. Hal tersebut sudah tertulis di dalam UUD 1945 yang berbunyi, “Penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan.”

Dengan begitu, dukungan Indonesia terhadap Palestina akan terus diupayakan sampai nanti. Presiden Jokowi berharap PBB lebih responsif dan efektif dalam menyelesaikan masalah global demi tercapainya cita-cita dan kesejahteraan seluruh bangsa.

Leave a Comment