Mahasiswa Surabaya Rancang Masjid Futuristik

Ilustrasi Ilustrasi (Foto : beritajatim.com/)

Muslimahdaily - Mahasiswa Universitas Surabaya (UMS) rancang terobosan baru untuk mempercanggih masjid. Mahasiswa dari jurusan Teknik Arsitektur ini akan membuat masjid yang berteknologi modern.

Dilansir Republika, para mahasiswa ini merasa masjid di Indonesia sangat banyak jumlahnya, namun belum ada yang memiliki teknologi canggih dan modern. Karena itu, mereka tergerak untuk membuat proyek masjid modern.

Nantinya, akan ada sensor yang dipasang di barisan jamaah agar shaf sholat lurus. Alat sensor tersebut akan berada di kaki para jamaah. Lampu LED akan menyala jika shaf orang tersebut belum lurus. Sebaliknya, lampu akan padam jika shaf sudah rapi dan lurus.

Kompas kiblat otomatis juga akan dirancang untuk masjid modern. Penunjuk kiblat tersebut dilengkapi dengan sinar laser yang bisa langsung mengarah ke kiblat untuk membantu para jamaah yang tidak berada di garis shaf.

Proyek ini juga akan membuat alat pengacak sinyal di masjid. Hal tersebut berfungsi agar para jamaah lebih khusyu dalam beribadah, karena selama ini imbauan untuk menonaktifkan atau memasang mode diam pada ponsel kerap kali dilanggar. Baik jaringan telepon, sms, maupun internet akan sulit dijangkau pada saat sholat berlangsung.

Kecanggihan lain masjid berteknologi modern ini juga akan terlihat pada parkirannya. Parkir menggunakan alat sensor yang otomatis terpasang di pintu masuk. Tim proyek ini menjelaskan, di tempar parkir akan dipasang lampu led yang bisa menuntun pengemudi menemukan slot yang kosong.

Hanya ada satu lampu yang menyala jika slot kosong. Setelah terisi, lampu lain akan bergantian menyala. Jika sudah penuh, maka lampu akan padam semua.

Masjid modern ini diharapkan bisa menjadi wajah baru masjid di era canggih seperti sekarang.

Leave a Comment