Muslim di Kanada Lebih Cinta Negaranya Dibanding Penganut Agama Lain

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : nationalpost.com )

Muslimahdaily - Sebuah survey dilakukan oleh Environics Institut terhadap 600 muslim di Kanada selama November 2015 hingga Januari 2016. Survey ini untuk meneliti bagaimana pandangan muslim terhadap negaranya sendiri, Kanada, dan juga membandingkannya dengan penduduk yang beragama lain.

Hasilnya, 83 persen suara menyebut jika muslim lebih bangga pada Kanada dibanding mereka yang bukan muslim. Bahkan, sebanyak 94 persen responden mengaku memiliki rasa memiliki yang tinggi terhadap negara mereka, Kanada. 58% mengungkapkan rasa tersebut semakin kuat dalam 5 tahun belakangan. Hanya 5 persen saja yang menyatakan hal sebaliknya.

Kecintaan muslim di Kanada baik itu warga asli maupun pendatang dikarenakan faktor kebebasan dan demokrasi serta multikultural dan budaya menghargai perbedaan satu sama lain. 84 persen muslim di Kanada mengaku mereka diperlakukan lebih baik di Kanada dibanding di negara Barat lainnya.

Kanada memang menjadi negara yang pertumbuhan muslimnya berkembang cepat beberapa tahun belakangan. Para muslim di negara ini mengatakan bahwa Kanada mulai lebih toleran terhadap perbedaan. Pada beberapa situasi, 30 persen di antara responden muslim masih merasakan adanya diskriminasi terhadap mereka.

Tak hanya itu, survey ini juga menunjukkan bahwa muslim muda lebih bangga dengan Islam dibanding mereka yang lebih tua. Tercatat adanya peningkatan aktivitas reguler di masjid yang dilakukan anak muda muslim.

Begitu juga untuk muslimahnya. Sebanyak 48 persen muslimah di Kanada mengenakan hijab dan angka ini meningkat tajam dari tahun-tahun sebelumnya. Penggunaan hijab di area publik Kanada semakin terlihat biasa dan paling banyak dilakukan oleh muslimah muda dan muda dewasa.

Leave a Comment