Ini Sosok Akbar, Pemulung Berusia 16 Tahun yang Fotonya Viral

foto akbar yang sempat viral foto akbar yang sempat viral (foto:instagram.com/shifrunn)

Muslimahdaily - Akbar yang memiliki nama lengkap Muhammad Al-Gifari sempat viral di media sosial. Sebab, beredarnya fotonya saat membaca Al-Qur’an sambil menunggu hujan reda di depan pertokoan.

Melansir Republika, Kamis (5/11), Saat foto itu diambil, Akbar sedang menjalani kesehariannya yaitu memulung. Namun, hujan membuatnya segera berteduh di jalan Braga, Bandung. Sembari menunggu hujan reda, Akbar duduk di pinggiran toko dengan karung yang menutupi kakinya dari cipratan air hujan. Lalu disana, ia memanfaatkan waktu luang tersebut untuk membaca Al-Qur’an kecil miliknya.

Akbar menuturkan bahwa ia dapat membaca Al-Qur’an karena ajaran sang ayah. Bahkan, dulu ia sempat mengenyam pendidikan di pesantren.

Usai foto tersebut beredar, sejumlah lembaga kemanusiaan dan sosial berupaya untuk mencarinya. Tim Pesantren Al-Hilal berhasil menemukannya sedang memulung pada hari Selasa (3/11) di Jalan Cikole, Lembang.

Salah satu yang berhasil menemukan Akbar yaitu Laz Al-Hilal. Direktur Laz Al-Hilal, Iwan Setiawan menerima informasi dari masyarakat tentang anak tersebut pada Minggu (1/11) lalu. Salah satunya banyak yang menautkan foto Akbar di media sosial Al-Hilal. Dari situlah, tim yang terdiri dari driver dan 2 pengurus langsung berupaya mencari anak tersebut.

Menurutnya, Akbar ini berasal dari Garut dan tinggal bersama kakek dan neneknya. Keberadaannya di Bandung adalah untuk mencari pekerjaan. Akbar mengaku bahwa ia tidak ingin kembali ke Garut, melainkan ke pesantren saja.

Saat ini pihak Al-Hilal akan membawanya ke Garut terlebih dulu untuk meminta izin keluarganya agar dapat diasuh di pesantren.

Leave a Comment