×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Selamat Jalan Gli, Si Kucing Menggemaskan Penjaga Hagia Shopia

gli gli (foto: instagram.com/hagiasophiacat)

Muslimahdaily - Kabar menyedihkan datang dari negara Turki, pasalnya seekor kucing menggemaskan penghuni Masjid Hagia Shopia dilaporkan telah meninggal dunia pada usia 16 tahun. Gli namanya, ia adalah seekor kucing belang yang selalu ada di Masjid ikonik Istanbul Turki ini.

Kucing ini telah lama viral dan menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berkunjung ke Hagia Shopia. Kucing abu-abu dengan mata hijau itu pernah sengaja dikunjungi dan dibelai oleh presiden Barack Obama pada tahun 2009 lalu.

Dikabarkan bahwa Gli sempat sakit karena faktor umur dan dirawat di klinik hewan. Namun ternyata Gli tidak dapat lagi bertahan dan akhirnya meninggal.

Dilansir dari tweet Ali Yerlikaya, walikota Turki, "Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta (distrik Levent di Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya. Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli,"

Kabar ketiadaan Gli juga diunggah langsung dalam akun Instagram @hagiashopiacat.

(https://www.instagram.com/p/CHV7QQBAeQE/)

“I am now forever in my home, Hagia Sophia. In a special place in the garden of Hagia Sophia, my sister, my daughter and I, we will continue to spread the eternal love we have received from you to the whole world ... Patim will always be on you.”

Sebelum berubah menjadi masjid di awal tahun ini, Hagia Shopia sebelumnya merupakan sebuah museum, dan Gli sudah menjaga Hagia Shopia seperti rumahnya sendiri selama beberapa tahun terakhir.

Dalam sejarahnya, Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukkan Istanbul. Selanjutnya, bangunan itu diubah jadi masjid dan bertahan dari 1453 hingga 1934 (hampir 500 tahun). Ibadah pertama dilakukan di sana dalam 86 tahun ketika sholat Jumat dimulai di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020 lalu.

 

Leave a Comment