Serangan Bersenjata Terjadi di Masjid Nigeria, 5 Orang Tewas

peta zamfara nigeria peta zamfara nigeria (foto:aljazeera.com)

Muslimahdaily - Sebuah masjid di Negara Bagian Zamfara, Nigeria, dikabarkan telah diserang oleh sekelompok pria bersenjata. Serangan itu menjatuhkan banyak korban, lima jamaah meninggal dunia sementara 40 orang lainnya diculik. Imam masjid adalah salah satu korban penculikan.

Dilansir Detik, Senin (23/11), Penyerangan dilakukan ketika imam sedang menyampaikan khotbah salat Jumat.

"Orang-orang bersenjata itu menyerang masjid ketika imam sedang menyampaikan khotbah dan membawa lebih dari 30 orang, termasuk imam, setelah menembak mati lima jemaah," kata seorang warga, Ibrahim Altine.

Pada hari Senin, 23 November 2020, juru bicara polisi Zanfala, Muhammed Shehu seperti dikutip dari kantor berita Turki, Anadalu Agency mengatakan: "Pasukan keamanan telah dikerahkan ke lokasi tersebut dan penyelidikan telah dilakukan." Sejauh ini, belum ada organisasi yang mengaku bertanggung jawab atas penyerangan Masjid Zamfara.

Konflik bersenjata memang kerap terjadi di kawasan itu. Kelompok yang bertikai melibatkan suku Fulani yang bermukim di kawasan Afrika Barat, dengan suku-suku yang tinggal di negara tetangga. Fulani, salah satu kelompok etnis terbesar di Afrika Barat, mengklaim bahwa petani Nigeria mencoba mencuri ternak.

Banyak kelompok bersenjata di Nigeria sering menggunakan konflik sektarian antara Fulani dan beberapa kelompok etnis lainnya untuk melancarkan serangan. Konflik sektarian dan beberapa serangan oleh kelompok militan di daerah tersebut menewaskan sekitar 2.000 orang dan ratusan ribu warga terpaksa mengungsi.

 

Leave a Comment