×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Ungkapan Kegeraman Presiden Rusia Terhadap Penerbitan Kartun Nabi Muhammad

presiden rusia vladimir putin presiden rusia vladimir putin (foto: cnbcindonesia.com)

Muslimahdaily - Pada hari Kamis (17/12) lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengungkapkan kegeramannya akan penerbitan kartun Nabi Muhammad oleh Media Satire Charlie Hebdo di konferensi pers akhir tahun di Moskow. Hal tersebut membuktikan adanya benturan budaya sering menjadi masalah di negara Barat.

Sebelumnya, Putin memberikan instruksi kepada Kementerian Luar Negeri Rusia untuk segera memulai diskusi dengan organisasi Internasional tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan pihak-pihak yang menghina kepercayaan orang-orang beragama dan memicu kebencian dan konflik antar agama.

"(Mereka yang) bertindak sembarangan, menghina hak dan perasaan orang beragama, harus selalu ingat akan ada reaksi balik yang tak terhindarkan. Tapi, di sisi lain, ini tidak boleh agresif," tambahnya seperti dikutip dari CNN Indonesia, Jum'at (17/12).

Kemarahan Putin dipicu oleh kaitan antara penerbitan kartun Nabi Muhammad dengan pemenggalan seorang guru bernama Samuel Paty pada Oktober lalu. Pembunuhan Samuel Paty dilakukan oleh Abdullah karena Samuel mejadikan kartun Nabi Muhammad sebagai bahan ajar dalam pelajaran tentang bebas berpendapat. Hal itu menujukkan bahwa multikulturalisme tidak terealisasikan dengan baik.

Kepala Republik Chechnya yang mayoritas Muslim di Rusia, Ramzan Kedyrov, turut tidak membenarkan serangan terhadap Paty, tapi ia juga meminta semua pihak agar tidak memprovokasi umat Islam.

"(Saya) mendesak orang-orang untuk tidak memprovokasi umat atau melukai perasaan religious mereka. Sementara itu, temukan kekuatan untuk megakui bahwa Muslim memiliki hak untuk beragama, dan tidak ada yang akan mengambilnya," ujar Ramzan.

Leave a Comment