Setelah Hampir 800 Tahun, Jupiter dan Saturnus Akan Terlihat Bersama Malam ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily – Fenomena astronomi langka, konjungsi besar antara Planet Jupiter dan Saturnus ternyata akan terjadi malam ini. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melaporkan tanda-tanda konjungsi kedua planet itu sudah terlihat ketika diamati di Taman Nasional Shenandoah, Luray, Virginia setelah matahari terbenam pada Hari Minggu, 13 Desember 2020.

Kedua planet itu terlihat mendekat satu sama lain, dan akan mengalami konjungsi besar (final) pada titik 0,1 derajat yang artinya, malam ini keduanya akan berada di posisi satu garis lurus dengan matahari dan benda langit lainnya. Meskipun begitu, mereka memang terlihat dekat dari bumi, namun pada kenyataannya kedua planet itu tetap terpisah ratusan juta mil di luar angkasa.

Fenomena astronomi ini dinamakan sebagai konjungsi terbesar pada tata surya karena kedua planet tersebut adalah planet terbesar dalam tata surya, hal ini pertama kali dikemukakan oleh Ahli Astronomi asal Italia, Gallileo, pada tahun 1623 di mana ia melihat Planet Jupiter seperti ‘mengejar’ Saturnus di angkasa, peristiwa ini terus berulang setiap 20 tahun sekali, sampai akhirnya keduanya akan mengalami konjungsi besar dan begitu dekat malam ini.

Saat mengalami konjungsi besar ini, Jupiter akan terlihat jauh lebih terang dari Saturnus, sedangkan Saturnus hanya akan terlihat seperti cahaya keemasan.

“Hal ini bisa dianalogikan seperti kalian hendak lomba balap lari, di mana lawan Jupiter dan Saturnus adalah planet-planet lain yang ada pada tata surya. Bumi berada di tengah-tengah garis perlombaan menuju finish sedangkan planet yang lainnya sedang berlarian, dan dalam posisi yang kita lihat, Jupiter mengejar Saturnus sampai akhirnya bertemu di garis finish secara bersamaan pada malam ini, 21 Desember 2020,” ujar Henry Throop, dilansir dari laman NASA.

Untuk yang tidak ingin tertinggal peristiwa langka ini, bisa melakukan hal-hal berikut :

1. Pergi ke tempat lapang di mana jauh dari gedung-gedung pencakar langit. Jupiter dan Saturnus adalah planet yang terang sehingga dapat terlihat di berbagai kota

2. Satu jam setelah matahari terbenam, lihat ke arah barat daya, kedua planet akan terlihat bersampingan satu sama lain di mana Saturnus berada di atas lalu berubah posisi ke sebelah kiri Jupiter.

3. Dapat dilihat dengan mata telanjang, namun lebih baik dengan lensa binokuler sehingga 4 bulan yang mengorbit Jupiter akan lebih jelas terlihat

4. Jangan lupa matikan lampu sekitar agar terlihat lebih jelas

Leave a Comment