Simak Aksi-aksi Heroik saat Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Petugas menata serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Petugas menata serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ( Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay )

Muslimahdaily - Pencarian korban dan puing-puing Pesawat Sriwijaya SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu antara Pulau Lancang dan Laki pada Sabtu (9/1) masih berlanjut dan telah melibatkan banyak pihak yang dibentuk ke dalam tim SAR (Search and Rescue) gabungan. Tak jarang aksi pihak yang terlibat mendapatkan perhatian, sebab titik lokasi yang berada di perairan luas itu memerlukan keahlian khusus terutama untuk pencarian korban dan puing-puing di dasar laut. Berikut aksi-aksi heroik yang telah dirangkum oleh Muslimahdaily dari berbagai sumber.

Keterlibatan TNI AL yang menyelam hingga 20-30 meter

Pasukan khusus TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 17 personel Dentasemen Jalamangkara (Denjaka) dan 14 personel Intai Para Amfibi Marinir (Taifib) dikerahkan untuk ikut serta mencari titik hilangnya pesawat SJ 182. Untuk melakukan aksi tersebut, para personel harus menyelam dalam kedalaman 20-30 meter dengan berbekal alat komunikasi bawah air, kamera dan GPS bawah air.  Tak hanya itu TNI AL juga mengerahkan 7 KRI, 2 Kapal Tunda dan 2 Sea Rider Kopaska. Total personel TNI yang membantu proses pencarian ini sebanyak 1.398 personel.

PMI turut kerahkan relawan 

Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan 100 relawan, kantong jenazah, dan juga ambulans serta 1 tim penyelam yang akan membantu pencarian SJ 182. Dilansir dari Tribun News, pihaknya juga telah mengerahkan perahu karet yang akan digerakkan menuju titik jatuhnya pesawat tersebut.

Satuan Tugas Pramuka Peduli ikut menyelam

Menurut keterangan Koordinator Lapangan Satuan Tugas Pramuka Peduli Fachrudi Fahim melalui siaran pers pada hari Minggu (10/1) mengatakan bahwa ada dua 'Scout Diver' yang diminta Basarnas untuk menyelam karena memiliki kualifikasi SAR. DIketahui bahwa tim ini telah banyak terlibat membantu tim pencarian saat terjadi bencana alam.

ACT (Aksi Cepat Tanggap) mengikuti jalannya proses pencarian

Melalui akun Instagram-nya, @actforhumanity ACT membagikan kegiatan Tim Rescue yang ikut serta dalam melakukan pencarian SJ 182. Mereka juga melakukan liputan langsung untuk memberitahu keadaan operasi pencarian pesawat yang hilang kontak Sabtu lalu.  Sejauh ini sebanyak 40 kantong telah diterima di RS Polri berkat dedikasi heroik tim pencarian di atas. #PrayForSJ182

Last modified on Selasa, 12 Januari 2021 14:33

Leave a Comment