Innalillahi, Syekh Ali Jaber Tutup Usia

Syekh Ali Jaber Syekh Ali Jaber ( Foto: Instagram/@syekh.alijaber )

Muslimahdaily - Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, seluruh umat Islam di Indonesia turut berduka atas wafatnya Guru Besar sekaligus Ulama Indonesia, Syekh Ali Jaber pada hari ini (14/1) pukul 8:30 WIB di Rumah Sakit Yarsi.

Kabar wafatnya Syekh Ali Jaber dibagikan oleh Habib Abdurrahman Alhabsyi selaku Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber dan dibenarkan oleh rekan yang juga menjadi murid dakwahnya, Ustadz Yusuf Mansur melalui Instagram @yusufmansurnew.

"Syekh Ali wafat di RS Yarsi, jam 8:30 mohon doanya," tulisnya sebagai keterangan video.

Penyebab wafatnya Syekh Ali belum diketahui. Meskipun sempat terpapar Covid-19, dirinya telah dikabarkan membaik beberapa waktu lalu. Rekan-rekan terdekat juga mengkonfirmasi bahwa Syekh Ali telah dinytakan negatif COVID-19 sebelum tutup usia.

"Sudah dalam keadaan negatif Covid-19," kata Yusuf Mansur lewat akun Instagram-nya.

Saat terkonfirmasi positif, Syekh Ali pun sempat menolak untuk dirawat dan memilih untuk isolasi mandiri, sampai akhirnya merasa tidak kuat dan dirujuk ke RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta. Syekh Ali juga kerap membagikan kondisi saat sedang dalam perawatan melalui akun Facebook pribadinya, sebelum akhirnya mulai drop dan sempat memakai alat bantu pernapasan.

Ulama yang berasal dari Madinah ini telah dikenang sebagai pendakwah yang luwes dan sabar, namanya dikenal banyak orang ketika menjadi salah satu juri Hafidz Indonesia. Pada usia 10 tahun, beliau mampu menghafal 30 juz Al Quran dan diamanahkan menjadi imam di sebuah masjid di Madinah saat usianya masih 13 tahun.

Dakwahnya dinilai menyejukkan karena penyampaiannya yang sangat rinci dengan tutur bahasa yang santun. Beliau juga selalu melengkapi ceramahnya dengan hadis-hadis dan ayat-ayat Al Quran yang mendukung.

Belum lama, Syekh Ali Jaber juga sempat menjadi korban penusukan oleh seorang pemuda yang diketahui bernama Alpin Andrean saat sedang menjadi pembicara di Masjid Falahudin, Tanjungkarang Barat, Lampung pada September 2020 lalu.

Banyak doa dipanjatkan atas kepergian Syekh Ali Jaber, sebagaimana setiap hamba Allah akan meninggal atas Izin-Nya. Sungguh amalan yang baik, Selamat Jalan Syekh Ali, InshaaAllah Surga menjadi tempat terbaikmu. Aamiin ya Rabbal Alamin. 

Last modified on Kamis, 14 Januari 2021 12:30

Leave a Comment