Presiden Joko Widodo Resmikan Bank Syariah Indonesia

Logo Bank Syariah Indonesia Logo Bank Syariah Indonesia

Muslimahdaily - Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI pada Senin (1/2) di Istana Negara Jakarta. Presiden Jokowi Optimis ekonomi syariah akan tumbuh pesat di masa mendatang dan akan berkontribusi besar dalam kesejahteraan umat dan masyarakat.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim PT Bank Syariah Indonesia Tbk saya nyatakan diluncurkan berdirinya,” ujar Jokowi di Istana Negara Jakarta, seperti dilansir dari Kumparan.com, Selasa (2/2).

Bank Syariah Indonesia merupakan hasil merger tiga bank syariah milik Himbara, yakni PT Bank BNI Syariah, PT Bank BRI Syariah Tbk, dan PT Bank Mandiri Syariah. Gabungan ketiganya ini digadang-gadang akan meningkatkan pasar keuangan syariah di Indonesia yang memiliki potensi besar. Penggabungan tersebut akan menciptakan daya saing global dan memiliki potensi menjadi 10 bank syariah teratas secara global berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah menaruh harapan atas lahirnya BSI. Pemerintah berharap dengan hadirnya BSI dapat memberikan kontribusi besar dalam perkembangan ekonomi syariah serta dapat mensejahterakan umat dan masyarakat Indonesia.

Bank Syariah Indonesia juga akan memiliki neraca dan kinerja keuangan yang baik, dengan target Rp 272 triliun pembiayaan pada 2025 dan pendanaan Rp 336 triliun pada 2025.

Per Desember 2020, tiga bank syariah BUMN peserta merger tersebut mencatat total pembiayaan mencapai Rp 156,51 triliun serta Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai sebesar Rp 209,98 triliun.

Adapun total aset hingga akhir tahun lalu tercatat sebesar Rp 239,56 triliun. Jumlah aset tersebut menempatkan Bank Syariah Indonesia menjadi bank terbesar ketujuh secara nasional, di atas PT Bank Pan Indonesia Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan PT Bank BTPN Tbk.

Sementara itu, modal tiga bank syariah milik negara senilai total Rp 22,61 triliun dengan laba bersih yang dibukukan senilai total Rp 2,19 triliun.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, mengatakan bahwa BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, berkomitmen tetap melayani semua segmen nasabah, termasuk UMKM.

Pada peresmian Bank Syariah Indonesia, Hery menegaskan bahwa Bank Syariah Indonesia juga berkomitmen menjadi bank yang inklusif, modern, universal dan terus mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai layanan lengkap serta inovatif bagi masyarakat.

Selain itu, Bank Syariah Indonesia akan dijalankan sesuai dengan prinsip Maqashid Syariah. BSI akan menjalankan fungsi intermediasi hingga menyalurkan pajak. Tak hanya itu, Bank Syariah Indonesia juga memiliki konsep yang dapat dioptimalkan untuk melakukan pemerataan ekonomi masyarakat melalui Zakat, Infaq, Shadaqah serta Wakaf.

Last modified on Selasa, 02 Februari 2021 12:14

Leave a Comment