Bukan Lagi Fenomena Langka, Beberapa Wilayah Saudi Dikepung Salju Hari Ini

ilustrasi turun salju ilustrasi turun salju

Muslimahdaily - Setelah video pengguna Twitter @Capss_ll tersebar menunjukkan Saudi tengah turun hujan salju, terkuak fenomena alam di kota gurun ini juga terjadi di beberapa wilayah lainnya.

Dilansir dari laman Arab News, ahli meteorologi suhu di wilayah utara Saudi akan terus turun sampai waktu yang tidak bisa diprediksi. Pemerintah setempat sudah memberikan himbauan cuaca ekstrem di beberapa wilayah yang sudah terdampak dan beberapa di antaranya yang mungkin terdampak yaitu, Riyadh, Makkah, Madinah, beberapa kota di wilayah Timur, Qassim, Hail, Tabuk, wilayah perbatasan Utara, Al-Baha, Asir, Jazan, Jawf, dan Najran.

Menurut duta besar Saudi di Washington, Fahad Nazer, adanya salju yang turun di beberapa wilayah di Saudi hari ini dikaitkan dengan adanya perubahan iklim global.

"Hal ini benar terjadi (perubahan iklim) dan belakangan ini tidak lagi menjadi fenomena yang asing bagi kami (masyarakat Saudi) untuk melihat salju turun karena tidak semua wilayah di Saudi begitu hangat akhir-akhir ini", ujarnya secara tertulis.

( video: Twitter/Capss_ll )

Sementara itu, Otoritas Jenderal Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Arab Saudi meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menghindari bepergian ke tempat-tempat terpencil.

Seperti diketahui dari laman iNews, salju mulai menyelimuti pegunungan Dahr sejak Kamis (18/2) lalu. Badan pemerintah juga memprediksi bahwa hujan lebat dan badai petir akan melanda wilayah Tabuk, Madinah, Perbatasan Utara, Hail, dan al-Jouf.

Hujan salju ini juga bukan merupakan peristiwa pertama di Arab Saudi. Terakhir kali, Arab Saudi mengalami hujan salju pada tahun 2018 lalu.

Tidak hanya Arab Saudi, salju juga turun di wilayah padang pasir terbesar dunia seperti Gurun Sahara yang memiliki titik beku 2 derajat celsius hingga kota gurun Ain Sefra yang berlokasi di Al-Jazair.

Masyarakat pun mulai berbondong-bondong untuk berburu foto dan video yang kembali dibagikan di Twitter. Salah seorang pengguna Twitter yang dilansir dari Arab News mengatakan hal ini membuat pemandangan Saudi sangat indah layaknya di Eropa.

Leave a Comment