Anyar dan Megah, Simak Wajah Baru Masjid Istiqlal di Usia Ke-43

Wajah baru Masjid Istiqlal Wajah baru Masjid Istiqlal ( Foto: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN via Kompas.com )

Muslimahdaily - Pada Senin (22/2) lalu merupakan Hari Istiqlal, di mana sayembara perencanaan pembangunan masjid ini dilakukan pada tanggal tersebut, hingga kini tepat di hari jadinya tersebut, bangunan yang kokoh berseberangan dengan gereja Katedral ini nampak anyar usai renovasi selama 14 bulan.

Masjid Istiqlal atau Masjid Kemerdekaan sendiri dirancang oleh seorang arsitektur beragama kristen protestan bernama Friedrich Silaban dan resmi digunakan untuk umum pada 22 Februari 1978.

Dilansir dari Liputan6, tampilan masjid besar yang berdiri di pusat Jakarta ini semakin terlihat megah. Rampung renovasi dan diresmikan kembali oleh Jokowi pada 7 Januari lalu, renovasi ini melibatkan 1000 pekerja dan biaya mencapai 511Milyar Rupiah.

Meskipun begitu, perbedaan pun nampak jelas karena penambahan lampu-lampu di tiap lorong menambah kesan nyaman pada masjid ini, tak hanya lampu-lampu yang menyoti seisi ruangan, tanaman gantung pun menjuntai di sepanjang pinggir lorong yang membuat pemadandangan semakin asri.

Di bagian dalam masjid, yang menjadi pusat renovasi adalah tempat wudhu dengan memasang 3500 lampu LED juga pada pilar serta mihrab masjid setinggi 17 meter yang dihiasi oleh ornamen Asmaul Husna.

Pemasangan kipas angin juga diperbanyak, sumber listrik yang ada menggunakan panel solar yang juga dipasang di atap-atap masjid.

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini juga sudah dilengkapi dengan elevator sebagai jalan pintas bagi penyandang disabilitas, lansia, menuju lantai atas masjid. Selain itu, di lantai 2 pun disediakan layanan air minum gratis bagi para pengunjung.

Di malam hari, suasana Istiqlal pun semakin megah karena sorotan lampu yang mengelilingi kompleks masjid juga lingkungan baru dengan adanya renovasi bagian luar melansir dari informasi pada laman Merdeka meliputi penataan Kali Ciliwung yang melintasi Masjid Istiqlal, pembangunan 40 kios yang dikelilingi taman, dan tempat parkir basement berkapasitas 800 mobil.

Leave a Comment