Muslim di Amerika Rayakan Hari Kemerdekaan dalam Ramadan dan Idul Fitri

Demonstran anti muslim, mendapat pelukan dari komunitas muslim di NICC Demonstran anti muslim, mendapat pelukan dari komunitas muslim di NICC

Muslimahdaily - Hari Kemerdekaan Amerika Serika jatuh pada tanggal 4 Juli setiap tahunnya. Dalam peringatan hari besar di negara tersebut, semua warga Amerika bersukacita merayakannya dengan beragam cara. Tak terkecuali di Orlando, Florida, wilayah yang belum lama ini menjadi lokasi penembakan brutal yang sadis. 

Muslim di Amerika, terutama di Orlando, akan memiliki perasaan dan cara yang lebih khusus dalam merayakan Hari Kemerdekaan Amerika. Pasalnya, tahun ini juga bertepatan dengan Ramadan dan hanya dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dari IB Times, ketua komunitas muslim di Amerika yang berbasis di Orlando mengungkapkan, mereka tentu akan ikut merayakan Hari Kemerdekaan namun dengan lebih khidmat. 

"Karena ini Ramadan dan kami berpuasa di siang hari, perayaan kami akan sedikit lebih tenang tapi kami ingin merasakan kebebesan yang negara ini sediakan. Jadi, 4 Juli adalah waktu puncak kami untuk memikirkan makna kebbebasa," kata Atif Fareed.

Bagi umat muslim di Amerika, 4 Juli sama pentingnya dengan warga Amerika lain. Buat mereka, 4 Juli adalah kebebasan beragama, kebebasan berbicara, dan kebebasan setiap warga untuk menikmati negaranya.

Tak hanya bertepatan dengan Ramadan, 4 Juli hanya jatuh dua hari sebelum umat muslim merayakan hari kemenangan, Idul Fitri. Banyak hari besar yang menggembirakan, umat muslim di Orlando berduka atas insiden penembakkan massal yang terjadi 12 Juni silam.

Karena itulah, momen Ramadan, Hari Kemerdekaan, dan Idul Fitri akan menjadi sebuah lembaran baru untuk para muslim Orlando kembali menyiarkan Islam yang damai. Mereka juga punya kewajiban untuk mengedukasi tentang Islam dan juga kebanggaan menjadi muslim di Amerika. 

Banyak rintangan yang mereka hadapi, termasuk ancaman yang datang melalui email. Tariq Rasheed sebagai imam di Islamic Centre Orlando mengaku akan merekrut bagian keamanan untuk menjaga komunitas muslim selama bulan ini. Hal tersebut pertama kali dilakukan sejak komunitas ini berdiri di akhir tahun 80-an.

"Sangat menyenangkan melakukan dua hari besar sekaligus. Kami banyak melihat bendera Amerika yang berkibar di sekitar Masjid kami. Akan ada kembang api yang merayakan keduanya. Orang-orang akan menunjukkan sisi spiritual dan patriotiknya sekaligus," kata seorang imam masjid di Florida.

Leave a Comment