Viral, Seorang Jamaah Shalat Jumat di Subang Meninggal Dunia saat Sujud

Meninggal dalam shalat Meninggal dalam shalat ( Foto: Instagram/vertizonetv )

Muslimahdaily - Seorang jamaah shalat jumat meninggal dunia dalam posisi sujud. Peristiwa ini diperoleh melalui video singkat rekaman warga yang tersebar luas dalam media sosial Instagram @vertizonetv. Hal tersebut sempat membuat jamaah lainnya panik.

Diketahui, pria tersebut bernama Upan Sopian (49) yang merupakan warga Kampung Simpang Sari RT 008/004, Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang. Jamaah yang meninggal dunia itu tengah menjalankan ibadah shalat jumat di Masjid Raya Al Mukhlisin Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (30/4/).

Menilik pada unggahan video yang viral itu, jamaah shalat jumat mengenakan baju dan peci warna hitam senada serta sarung motif bergaris hijau dan putih tertelungkup di lantai masjid. Posisi badannya tertelungkup ke kiri, almarhum tampak masih dalam gerakan tahiyat akhir.

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, jamaah lainnya pun tidak berani mendekat dan hanya bisa menyaksikannya saja. Dalam video singkat itu juga terlihat, almarhum telah dievakuasi oleh petugas kesehatan yang dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri). Jenazah jamaah ini langsung dibawa menuju Puskesmas Pamanukan dengan mobil ambulans.

Meninggalnya almarhum pada hari jumat menuai banyak komentar berupa doa dari warganet dalam unggahan video yang viral. Bahkan kejadian meninggalnya jamaah pria tersebut membuat netizen menginginkan wafat dalam keadaan husnul khotimah sama sepertinya.

“Bulan puasa, hari Jumat, saat shalat dan dalam posisi sujud, mudah-mudahan husnul khotimah,” tulis akun @aulia_aul.

“Innalillah wa inna ilaihi rojiun. Pamitnya ke masjid, pulangnya ke Surga. Insyaa Allah husnul Khotimah. Allahumma aamiin,” ujar akun @aymaretta.

“Masya Allah, sungguh membuat iri. Akhir hidup yang indah,” sebut akun @007.steinert.

“Subhanallah, banyak kaum Muslim yang ingin meninggal dalam keadaan sujud kepada sang Pencipta. Semoga kita semua meninggal husnul khotimah, aamiin” tulis @dasuki_nakato.

Menurut agama Islam, memang hari Jumat memiliki segudang keistimewaan. Salah satunya terhadap orang-orang yang meninggal pada hari baik ini. Ustadz Basalamah menyebut, mereka yang meninggal dunia di hari Jumat akan terbebas dari fitnah kubur.

“Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda tidak ada seorang Muslim, laki-laki atau perempuan, anak kecil atau dewasa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat melainkan Allah Subhanahu wa ta'ala akan melindungi dari fitnah kubur,” tutur Ustadz Basalamah, melansir dalam Tribun News.

Leave a Comment