Mendekati Lebaran Haji, Pendaftaran Qurban Resmi Dibuka di 51 Masjid Singapura

Masjid Sultan di Singapura Masjid Sultan di Singapura ( Foto: sultanmosque )

Muslimahdaily - Diperkirakan pemotongan hewan qurban pada hari raya Idul Adha dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus mendatang. Kurang lebih sebanyak 51 Masjid di Singapura sudah membuka pendaftaran penyembelihan dan pembagian hewan qurban kepada warga yang membutuhkan.

“Sebanyak 51 masjid naik dari 42 jumlah masjid di tahun lalu, akan menawarkan layanan mereka untuk memfasilitasi ritual yang dimodifikasi,” tutur MUIS Dewan Agama Islam Singapura, dilansir Straits Times (9/6).

Idul qurban 1442 H menjadi tahun kedua di masa pandemi COVID-19. Hewan qurban akan disembelih dan dikirimkan langsung dari negara Australia. Hal tersebut lantaran masih rawannya penularan virus corona di masyarakat.

Hewan sembelih tahun ini tersedia 12 ekor domba di tiap masjid. Masing-masing seekor domba dihargai antara 320 dolar dan 370 dolar atau sama dengan 4,5 juta rupiah dan 5,3 juta rupiah.

Registrasi penyembelihan qurban yang telah dibuka dari Selasa (8/6) akan ditutup pada 13 Juli. Slot untuk peserta penyembelihan tahun ini tergantung terhadap ketersediaan kuota dan tentunya akan diberikan kepada siapa yang pertama datang serta dilayani.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya untuk melaksanakan qurban, bisa melakukan registrasi melalui web masjid yang sudah tersedia dan pembayaran dapat dilakukan secara temu langsung.

Untuk mematuhi peraturan manajemen yang aman, pendaftaran secara on the spot atau di tempat hanya tersedia dengan janji temu terlebih dahulu. Terkhusus bagi pendaftar yang berhasil, mereka akan mendapatkan daging beku yang sudah dikemas rapih mulai dari 24 Juli.

“Masjid dan vendor yang ditunjuk berpartisipasi dalam ritual tahun ini harus mematuhi persyaratan Badan Pangan Singapura untuk impor, penyimpanan dan distribusi produk daging,” ucap MUIS (Majelis Ugama Islam Singapura).

Daging pertama akan didinginkan dan didistribusikan dari Australia ke negara tujuan Singapura. Tentunya, tingkat standar kebersihan yang tinggi akan terus diawasi. Kemudian, nantinya aka nada slot pembagian dan pengumpulan yang tidak teratur.

Sebagian dagingnya pun akan diberikan kepada penerima manfaat. Lalu, untuk pembagian daging qurban kepada orang tidak mampu dan fakir miskin akan didistribusikan melalui tanpa kontak langsung.

“Pemotongan hewan qurban dan membagikannya kepada orang-orang yang kurang mampu ini menjadi sebagai wujud tanda kasih sayang, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi saat ini,” terang MUIS.

Khusus pada tahun ini, MUIS akan memperpanjang pendistribusian daging hingga pertengahan Agustus nanti. Dibalik itu terdapat suatu hal yang tersirat yakni untuk menjaga rasa semangat berqurban dan membantu keluarga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah corona.

Selain itu, komite idul qurban masjid Singapura akan dibantu dan memobilisasi para relawan masjid untuk pembagian daging qurban sesuai dengan pedoman dalam pengelolaan.

Leave a Comment