Viral Sosok Abuya Syar’i, Ulama Banten yang Berusia 154 Tahun

Abuya Syar'i Abuya Syar'i ( Foto: Santrinews )

Muslimahdaily - Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan kabar terbaru dari Abuya Syar’i. Pasalnya, ulama asal Banten itu disebut sudah berumur 1,5 abad dan seangkatan dengan pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari.

Lantas, siapakah sosok Abuya Syar’i sebenarnya?

Abuya Syar’i memiliki nama lengkap KH Ratu Bagus Syah Ahmad Syar’i Mertakusuma. Beliau merupakan salah satu ulama yang namanya santer di Banten.

Abuya Syar’i disebut sebagai satu-satunya murid Syekh Nawawi Al Batani yang masih hidup. Umurnya sendiri sudah mencapai lebih dari 1 abad, tepatnya 154 tahun. Beliau lahir di Banten pada 8 Rajab 1287 H kemudian menetap di Banten hingga kini.

Walau sudah berusia lebih dari seabad, Abuya Syar’i tetep terlihat sehat. Dalam salah satu unggahan akun Instagram @zonaislami, Abuya Syar’i nampak tersenyum ramah dengan mengenakan baju koko dan peci putih. Begitu pula dengan rambut dan jenggotnya yang sudah memutih. Kediamannya pun jauh dari kata mewah.

Akun tersebut menyebut Abuya Syar’i sebagai sosok ulama karismatik yang sangat sederhana, namun memiliki pengetahuan yang amat luas, khususnya pada bidang Tasawuf.

Mengutip dari laman Laduni, nama Abuya Syar’i memang cukup jarang dikenal oleh orang umum Nusantara. Hal tersebut lantaran beliau jarang terlihat publik dan kesehariannya hanya berdiam di rumah dan meneruma tamu yang datang. Umumnya, tamu-tamu meminta doa dan barokah darinya. Selain itu, Abuya Syar’i juga rutin mengajar.